Nuansa Pakaian Adat Imam Khatib Warnai HUT RI Ke-78 di MAN 2 Kota Padang

Padang, humas -- Nuansa pakaian adat Imam Khatib Minangkabau mewarnai upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 tahun 2023 di lapangan MAN 2 Kota Padang, Kamis (17/08/2023).

Diikuti oleh seluruh guru dan pegawai lingkup MAN 2 Kota Padang, pengurus Komite, dan 1450 an Siswa. Upacara peringatan HUT ke-78 dipimpin oleh Kepala MAN 2 Padang, Akhri Meinhardi yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Pakaian adat Imam Khatib Minangkabau dikenakan oleh para peserta upacara pria itu menambah suasana semarak upacara yang kental dengan adat budaya. Upacara yang dimulai pukul 07.40 WIB tersebut berlangsung sukses dan penuh khidmat.

Kepala MAN 2 Padang dalam kesempatan itu membacakan sambutan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qaumas. Ia menyampaikan bahwa hari ini, ingatan kita mungkin terbang dan hinggap pada bambu-bambu runcing yang bersimbah darah sebagai saksi perjuangan pendahulu bangsa.

"Ini adalah bagian dari cara kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah kemerdekaan dan ini juga cara kita berterima kasih kepada para pendahulu kita, yang telah mengukir jasa bagi terbebasnya Indonesia dari cengekraman penjajah," sebut Akhri Meinhardi membacakan amanat menteri agama.

Disampaikannya, menjadi kewajiban kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan kinerja terbaik agar dapat terus melaju menuju Indonesia Maju. Disamping itu, sebagai kementerian yang mengemban fungsi pendidikan, maka menjadi tugas Kementerian Agama untuk mampu meningkatkan kualitas SDM pemuda Indonesia.

"Prestasi para siswa madrasah dan sekolah agama yang telah diraih harus memotivasi kita semua untuk berbuat lebih dalam mempersiapkan penduduk usia produktif yang kompeten menyongsong masa depan dan persaingan global," ujarnya.

Disisi lain, kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi memuji performance pelaksana upacara bendera HUT RI ke-78. Dia berterima kasih siswa madrasah telah memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Pada peringatan HUT RI Ke-78 kali ini, juga dimeriahkan dengan berbagai macam perlombaan antar siswa. Lomba tersebut terdiri dari, lomba baca puisi, lomba baca undang-undang 45 dan lomba pacu karung. ArulDp 


Editor: -
Fotografer: -