Outbond Bimtek Smart-DJA dan e-Monev Kemenag Sumbar, Trainer Kenalkan Empat Games

Padang (Humas)- Rangkaian kegiatan Bimtek  Smart DJA dan e-Monev Bappenas Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar Tahun 2023 masih terus berjalan hingga hari ini. Untuk hari Rabu ini (29/11/23) Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar melakukan kegiatan yang bertema Penguatan Capacity Building yang bertempat di Emersia Hotel Batusangkar. 

Berkolaborasi dengan Tim Diniyyah The Training Center Padang Panjang sebagai pihak pelaksana outbond, 96 peserta bimtek melakukan kegiatan outbond dengan antusias dan penuh kegembiraan.

Kegiatan outbond yang sebelumnya dibuka langsung Kakanwil Mahyudin ini langsung dipandu Tim Diniyyah The Training Center yang dikomandoi Hj Fauziah Fauzan El Muhammady.

Tim beranggotakan sebanyak 6 orang. Dr. Laili Ramadani koordinator Outbound Training, trainer utama Dr. Juliwis Kardi, MA memimpin permainan, Ice Breaking : Bos Berkata, Permainan Grup, Pesan Berantai dan Permainan Blind Smart. Resti Chairunnisa, S.Pd.I trainer permainan Kantong Doraemon, Rezki Novirman, SE Games Evakuasi Bom, Fennazhra, S.I.Kom Games Missisippi.

Menurut Juliwis Kardi outbond merupakan rangkaian kegiatan berbasis tim yang dilaksanakan di lingkungan alam terbuka dengan tujuan utama mengembangkan keterampilan individu maupun kelompok.

Ia menyebut jenis permainan outbond sendiri umumnya dilaksanakan di luar ruangan.  Menawarkan tantangan fisik, sosial, dan psikologis yang mendorong kerjasama dan kreativitas peserta untuk mencapai tujuan bersama.

Outbound games ini, sebutnya sering diadopsi dalam pelatihan perusahaan, pendidikan, dan program pengembangan diri karena efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan dan kolaborasi tim.

“Adanya kegiatan ice breaking ini dapat membuat suasana yang awalnya beku seperti es akan menjadi cair, sehingga goalnya tentu saja seluruh peserta akan merasakan suasana yang rileks dan nyaman.” ucapnya.

Menurut Juliwis sangat penting menyelenggarakan kegiatan tersebut sebagai upaya melakukan penyegaran dan imunisi semangat, tekad dan niat dari seluruh peserta. Terlebih setelah 1 (satu) tahun melakukan rutinitas pengelolaan keuangan dan anggaran.

“Semoga dapat meningkatkan semangat kerja serta memberikan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Semoga dapat terjalin kekompakan dalam kerjasama demi peningkatan kualitas layanan yang lebih baik,” harapnya.

Untuk itu Juliwis mengharapkan semua peserta dapat aktif terlibat dalam mengikuti setiap game. 

“Untuk hari ini, sesaat kita tanggalkan dulu segala jabatan dan permasalahan yang ada, disini kita semua ingin bergembira dan berupaya menumbuhkan kembali semangat kerja yang akan berdampak terhadap peningkatan kualitas layanan bagi masyarakat,” katanya.

Acara fun game dan training peningkatan kapasitas SDM pegawai nanti akan diawali melalui ice breaking, 

“Semua permainannya asyik asyik, permainannya ringan tapi  memacu kreativitas dan membangun kekompakan tim. Contohnya di permainan ice breaking berguna untuk melatih konsentrasi dalam memikirkan sesuatu. Permainan transfer pesan, menurutnya mengandung nilai pelajaran yang sangat tinggi.”terangnya.

Ia mengibaratjan seperti pada saat seseorang  ingin menitipkan uang. Maka makin panjang titipannya, makin berkurang uangnya. Berbeda hal dalam komunikasi, semakin panjang semakin banyak pertambahannya. 

“Jadi pesannya bagaimana sebuah pesan itu jika ditransfer keorang lain jangan ditambahi atau pun dikurangi," katanya.

Selain itu, dalam transfer kata peserta nantinya dilatih untuk melakukan sebuah pekerjaan di kantor sesuai dengan instruksi pimpinan.

"Jadi jangan bertindak diluar aturan. Dalam permainan ini telah disepakati, jika ada "Bos berkata" baru dilakukan. Dan masih banyak lagi yang lain," Terangnya disela berlangsungnya games.(vera)

 


Editor: -
Fotografer: -