Pawai Alegoris HUT ke 79 RI, MIN 1 Solok Sampaikan Pesan Literasi

Humas - Memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Kemerdekaan republik Indonesia, MIN 1 Solok mengikuti Pawai Alegoris baik ditingkat Kabupaten maupun tingkt nagari.


"Ada dua pesan utama yang disampaikan barisan MIN 1 Solok dalam Pawai Alegoris HUT ke 79 RI ini yakni Moderasi Beragama dan Literasi," ujar Junaidi, kepala MIN 1 Solok usai pawai tingkat nagari Gantung Ciri, Minggu (25/8) petang.

Dijelaskan oleh Junaidi, Moderasi Beragama sebagai salah satu program prioritas Kementerian Agama yang wajib disampaikan ke masyrakat sebagai salah satu upaya menjaga dan meningkatkan kerukunan umat beragama yang pada akhirnya merawat dan memngokohkan persatuan negara kesatuan Republik Indonesia.

Sedangkan litrerasi mengajak untuk melihat, mengjangkau dan berkiprah di dunia dengan menulis dan membaca, sebagaimana yang disampaikan Bunda Linterasi Kabupaten Solok serta ajakan Bupati Solok untuk menggiatkan literasi seiring dengan berdiri kokohnya Perpustakaan Daerah Kabupaten Solok yang baru saja diresmikan.

"Selain pesan pembangunan dengan pembangunan IKN, dalam pawai alegoris ini MIN 1 Solok, juga menyampaikan pesan budaya dan agama lewat barisannya," ulas Junaidi.

Barisan MIN 1 Solok juga menampilkan ragam pakaian Bhineka Tunggal Ika, pakaian ihram dan tahifiz serta budaya lokal seperti Arak Bako dengan talempong paciknya hingga drumband yang berkekuatan 100 personil. Bai | Fendi


Editor: Fendi
Fotografer: Baizarna