Peduli Kelompok Rentan Antarkan Rusman Edi Menjadi Pemuncak Ajang PAI Award Tahun 2024

Bukittinggi, Humas -- Mengusung program pendampingan agama bagi kelompok rentan (Kelompok Disabilitas), Rusman Edi, Penyuluh Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bukittinggi berhasil meraih terbaik I pada ajang PAI Award 2024 Kategori "Pendampingan Kelompok Rentan"

Prestasi ini diperoleh setelah mengikuti proses secara berjenjang mulai dari tingkat Kota, provinsi kemudian dilanjutkan dengan seleksi tingkat nasional. Di tingkat nasional juga melewati beberapa tahap penilaian yang kemudian terpilih sebagai salah satu nominator 10 nominasi Penyuluh Award tahun 2024 Kategori Pendampingan Kelompok Rentan.

Tahap selanjutnya para nominator menampilkan presentasi pada 20 Agustus 2024 lalu. Setelah menampilkan presentasi, Rusman Eri Penyuluh Agama Islam Fungsional Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi keluar sebagai pemuncak yang diumumkan pada malam Penganugrahan Penyuluh Agama Islam (PAI) Award Tahun 2024, Selasa 21 Agustus 2024 di di El Royal  Hotel Kelapa Gading Jakarta  Utara.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi didampingi Kasi Bimas Islam, H. Zulfikar yang ikut mendampingi Rusman Edi menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas raihan prestasi Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi ini.

Atas nama Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi kami mengucapkan selamat kepada ustadz Rusman Edi yang berhasil meraih terbaik 1 Nasional pada ajang Penyuluh Award Tahun 2024 Kategori "Pembinaan Kelompok Rentan" mewakili Provinsi Sumatera Barat.

"Semoga prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua untuk lebih baik lagi kedepan. Semoga Allah memberkahinya. Amiin ya rabbal'alamiin," tuturnya.

Selanjutnya Kakan Kemenag ini menjelaskan bahwa Ajang Penyuluh Award ini digelar Kementerian Agama dalam rangka mencari penyuluh agama islam yang berkompeten, serta memberi apresiasi bagi para penyuluh agama Islam yang telah mengabdikan dirinya dalam membina umat serta sebagai peningkatan tanggung jawab, kreatifitas dan inovasi, serta penguatan peran dan fungsi sebagai seorang penyuluh agama Islam.
"Melaksanakan Penyuluhan merupakan amanah yang sangat mulia tidak saja di sisi Allah SWT juga dari sisi kemanusiaan. Penyuluh Agama memberikan bimbingan ilmu terutama ilmu keagamaan dari yang belum paham agar menjadi paham. Dari yang belum mampu menjadi mampu, dari yang belum mau belajar menjadi termotivasi persis layaknya guru. Berkat kegigihan ustadz Rusman Edi dalam memberikan pemahaman keagamaan khususnya pada kelompok rentan mengantarkan menjadi pemuncak dalam pemilihan Penyuluh Award Tingkat Nasional Tahun 2024," tuturnya lagi.

Kategori dalam penilaian Penyuluh Award Tahun 2024 ini meliputi Peningkatan Literasi Al-Qur’an, Pendampingan Kelompok Rentan, Kesehatan Masyarakat, Pemberdayaan Ekonomi Umat, Penegakan Hukum, Pelestarian Lingkungan, Metode Penyuluhan Baru dan Penguatan Moderasi Beragama. (Syafrial)


Editor: Syafrial
Fotografer: *