Pelatihan Pengukuran Arah Kiblat

Baso, Humas--Pentingnya Pengukuran Arah Kiblat adalah untuk dapat menghindari keraguan dan kesalahan di masyarakat, serta menumbuhkan keyakinan seorang muslim dalam melaksanakan shalat  agar lebih khusuk.

Ka KUA Kec. Baso menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengukuran Arah Kiblat bertempat di Depan Kantor Urusan Agama KUA ke Baso. (Senin,11.09.2023).

Kegiatan diikuti oleh P3K Penyuluh Agama Islam KUA kec Baso, Pada kegiatan tersebut Ismail Roma menjelaskan akan pentingnya pengukuran arah kiblat secara akurat untuk keabsahan shalat seseorang.

Pengukuran arah kiblat ini bisa dengan dua cara, pertama pengukuran dengan memakai bayang-bayang matahari dibantu alat mizwala qibla finder, berpatokan kepada arah utara sejati, bila bayang-bayang matahari tidak kelihatan pengukuran bisa dengan memakai alat kompas suunto  sebagai alat bantu dalam pengukuran arah kiblat, Ungkap Ismail.

Dari hasil pengukuran KUA Baso terletak pada koordinat lintang selatan 0 derajat 17 menit, dan bujur timur 100 derajat 22 menit. Dengan arah azimut kiblat 294 derajat 21 menit dari utara sejati

Pada pertemuan ini, Ismail Roma memberikan semangat bahwa pengukuran arah kiblat itu tidak lah sulit manakala kita memiliki alat yg mencukupi dan mengetahui rumus pengukuran dengan baik. Ujar Ismail.

“Tujuan kegiatan pelatihan ini untuk membekali P3k siap terjun lansung ke masyarakat untuk menentukan arah kiblat secara profesional.(M. Zakir )


Editor: -
Fotografer: -