Pembinaan di Nagari Lansek Manih, Mahyudin Minta ASN jadi Teladan Masyarakat

Sijunjung, Humas--Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama sudah semestinya menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat. ASN Kemenag harus bisa memberikan contoh yang baik bagi keluarga dan masyarakat.

Hal ini  diungkapkan Kepala Kantor Wilayah  (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera  Barat (Sumbar), Mahyudin saat memberika pembinaan kepada ASN jajaran Kemenag Kabupaten Sijunjung, Senin (12/2/2024).

Turut hadir Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, Wakil Bupati, Iraddatillah Kakan Kemenag Sijunjung, Syamsul Arifin beserta seluruh jajaran.

Menurut Putra Kampar Riau ini, ASN Kemenag berbeda dengan ASN di Kementerian lain. Ia punya tanggungjawab menjaga moral dan indeks beragama masyarakat.

“Kita ASN Kementerian Agama harus bisa meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat, meningkatkan rasa sosial dan kepedulian dengan sesama dan antar umat beragama,” ajak Mahyudin.

Bukan hanya teladan di tengah keluarga dan masyarakat, Kakanwil yang menjabat di Sumbar kurang lebih 4 bulan ini juga mengingatkan seluruh ASN untuk menjadi teladan di tempat kerja dan memiliki integritas.

“Setiap ASN harus memiliki integritas, profesional dan  bertanggungjawab dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” kata Kakanwil mengingatkan.

Seiring dengan itu, untuk meningkatkan kinerja, Kakanwil juga meminta ASN menerapkan dan mewujudkan program prioritas Kementerian Agama. 

“Ada tujuh program prioritas Kemenag, penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren, religiosity index dan kerukunan umat beragama agar dapat dilaksanakan secara maksimal,” jelas Mahyudin.

Kepada seluruh Aparatur Sipil Negara Kemenag Sijunjung yang hadir, Kakanwil juga mengingatkan supaya melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya, karena akan menjadi keberasilan Kementerian Agama.

“Keberhasilan penghulu, penyuluh, guru, KUA, Madrasah, dan Kantor Kemenag, juga menunjukkan keberhasil Kanwil Kemenag. Untuk itu, jadilah ASN  bertanggungjawab terhadap tupoksi dan program yang telah dilaksanakan,” pesannya.

Kakanwil, Mahyudin juga mengapresiasi kerja sama  luar biasa, antara Kemenag Sijunjung dengan pemerintah daerah. Kehadiran bupati dan wakil menjadi bukti Kemenag Sijunjung sudah bersinergi dengan baik.

“Kementerian Agama dan Pemerinta Daerah harus bersama membangun masyarakat khususnya di Sijunjung ini. Yang punya masyarakat pemda didukung program keagamaan dari Kemenag,” kata Kakanwil.

Pada kesempatan ini Kakanwil serahkan piagam penghargaan kepada Bupati Sijunjung, atas partisipasi, kontribusi dan dukungan pemerintah daerah Sijunjung dalam mensukseskan program program kegiatan keagamaan bersama Kantor Kemenag di Kabupaten Sijunjung. Rinarisna


Editor: -
Fotografer: -