Pembukaan KSM dan MYRES Nasional, Kontingen Sumbar Hadir di Lapangan Ngaralamo Ternate

Jakarta - Kontingen KSM dan MYRES asal Sumatera Barat hadir pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) tingkat Nasional Tahun 2024, 2024 oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama RI Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, Selasa 03/09/24.

Turut hadir dari Sumatera Barat Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama diwakili Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H.Hendri Pani Dias, Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar Ny. Hj. Rosnimar Mahyudin didampingi wakil Wermayuda Hendri, Kakankemenag Kota Padang Edy Oktafiandi, Kakankemenag 50 Kota Irwan, Kakankemenag Kota Bukittinggi Eri Iswandi, Kakankemenag Sawahlunto Dedi Wandra, utusan Kasi Penmad, Pendamping Kontingen, utusan Kepala MA, Kepala MTs serta 34 peserta KSM dan MYRES asal Sumatera Barat.

Sekjen mengawali sambutannya mengucapkan belasungkawa dan rasa prihatin yang sedalam-dalamnya atas musibah yang baru saja terjadi di tanah tidore, dimana banjir bandang menelan korban, tercatat 20 orang, “kita berdoa mudah-mudahan almarhum dan almarhumah memperoleh tempat yang layak di sisi Allah Ta’ala, ditempatkan dimakam paling mulia di surganya. Aamiin” harapnya.

"Atasnama Menteri Agama Republik Indonesia saya menghaturkan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya, kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Direktur KSKK Madrasah, beserta seluruh Jajarannya, secara konsisten peningkatan akses melalui ruang kompetisi yang strategis bagi siswa Madrasah seluruh Indonesia dan skala nasional" lanjutnya.

"Selaku Menteri Agama, Saya sangat mendukung segala bentuk kebijakan yang mampu menciptakan atmosfer bagi siswa madrasah dalam berkompetisi dan berprestasi yang sehat," sambung Sekjen.

Kementerian agama juga mendorong terwujudnya sinergi dalam rangka menumbuh kembangkan segala potensi, minat dan bakat siswa.

Dalam rangka menumbuhkembangkan segala potensi, minat, dan bakat siswa Madrasah, Sekjen minta semua pihak terus berinovasi dan meningkatkan prestasi, baik di level nasional maupun internasional.

"KSM bukan semata-mata tentang persaingan akademik. Lebih dari itu, KSM merupakan sebuah wadah untuk mengasah sekaligus mempertajam nilai-nilai kejujuran, kerja keras, dan kolaborasi," kata Ali Ramdhani.

Katanya, semestinya KSM tidak hanya mencari yang terbaik di bidang sains, tetapi juga mendorong lahirnya generasi yang unggul secara intelektual dan berakhlak mulia, karena generasi inilah yang nantinya akan menjadi pilar utama dalam membangun peradaban bangsa yang lebih maju dan bermartabat.

Begitu pula dengan Madrasah Young Researchers Supercamp (Myres)tidak hanya semata-mata kegiatan yan bertujuan untuk mengembangkan generasi muda yang bertalenta dan berkarakter dengan bidang penelitian, lebih dari itu MYRES diharapkan mampu menjadi ajang kompetisi yang menyiapkan generasi emas yang peka lingkungan, memiliki pole piker, dan bersikap ilmiah.

Pelaksanaan KSM dan grand Final MYRES yang tahun ini dilaksanakan di Kota Ternate akan berlansung dari tanggal tanggal 2 hingga 7 September, di Kota ini Kota rempah.

"Jadikan lah ini, sebagai momentum euntuk mengasah potensi diri memperluas wawasan dan dan membangun jejaring pertemanan yang positif " ingatnya (egn)


Editor: Eri
Fotografer: egn