Pembukaan Porsadin Ke VI Tingkat Kota Payakumbuh Tahun 2024

Payakumbuh,Humas--Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyyah (Porsadin) ke VI tingkat Kota Payakumbuh tahun 2024 resmi dibuka di SD IT Madani Islamic School Payakumbuh, Sabtu (20/7/2024).

Dibuka secara resmi oleh Pj.Walikota Payakumbuh yang diwakili Kabag Kesra Efrizal, pembukaan kegiatan tersebut diawali dengan defile peserta yang berasal dari santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) se Kota Payakumbuh.

Pembukaan Porsadin ke VI tersebut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh yang diwakili Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Syafrizal,Kadisparpora Kota Payakumbuh H. Novriwandi,Kadis Pendidikan Kota Payakumbuh yang diwakili Kabid PAUD PNFI Hj. Syafni Hasni,Kepala KUA,Pengurus FKDT Kota Payakumbuh serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kabag Kesra Efrizal sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kota Payakumbuh ini.

"Dengan adanya ajang kompetisi ini,semoga menjadi wadah dan kesempatan besar bagi anak-anak kita untuk menunjukkan prestasi dan ini akan sangat berguna bagi anak-anak terutama dalam melanjutkan pendidikan terutama melalui jalur prestasi,"ucapnya.

Kita berharap Porsadin tidak hanya sebagai ajang perlombaan antar santri MDTA,tetapi juga menjadi wadah untuk mempererat tali silaturrahim antar MDTA yang ada di Kota Payakumbuh,ulasnya.

Sementara itu Kakankemenag Kota Payakumbuh yang diwakili Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Syafrizal mengungkapkan bahwa Porsadin selain menjadi ajang kompetisi juga sebagai ajang evaluasi.

"Dikatakan sebagai ajang kompetisi,Porsadin diadakan berjenjang mulai dari tingkat Kota dan Kabupaten dilanjutkan ke tingkat Provinsi dan terakhir diadakan pada tingkat Nasional disini para santri akan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik.Sebagai ajang evaluasi disini kita akan lihat sejauh mana kemampuan para guru dalam membina dan mendidik para santri di MDTA, pada ajang Porsadin inilah bisa kita lihat dan buktikan" ungkapnya.

Informasi dari panitia pelaksana,pada Porsadin ke VI ini diadakan 13 cabang lomba yang terbagi dalam 4 cabang olah raga dan 9 cabang keagamaan.(Algeri)


Editor: Busra Algeri
Fotografer: Busra Algeri