PEMILIHAN KETUA OSIM SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DEMOKRASI SEJAK DINI BAGI SISWA MTSN 1 BUKITTINGGI

Bukittinggi, Humas--Pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MTsN 1  Bukittinggi Masa Bakti 2024/2025 Dalam rangka memberikan pendidikan demokrasi melalui pengalaman praktis, maka untuk pemilihan ketua OSIM MTsN 1  Bukittinggi masa bakti 2024/2025 dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh warga madrasah. Tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIM dimulai dari pemilihan calon ketua OSIM yang dipilih dari peserta didik kelas VII dan VIII yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan. Para calon ketua OSIM menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilakukan.

Pembina OSIM dan panitia pelaksanaan pemilihan ketua OSIM memastikan proses demokrasi di madrasah melalui pemilu ketua OSIM dilakukan secara Jurdil (Jujur dan Adil).
Kegiatan pemilihan Ketua OSIM diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan ketua OSIM dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIM.

Dalam sambutannya Kepala MTsN 1 Bukittinggi menekankan bahwa pemilihan Ketua OSIM ini sebagai pembelajaran dan  berdemokrasi sebagaimana Pemilihan Umum yang baru saja dilaksanakan di Negara Republik Indonesia, lebih lanjut beliau menegaskan "Siapa pun pasangan yang terpilih nantinya harus diterima oleh semua warga madrasah karena ini merupakan pesta demokrasi yang dipilih secara langsung. Hasil penghitungan suara nanti yang akan menentukan siapa pasangan yang lebih unggul yang nantinya akan mengemban tugas  satu tahun kedepan. Dan untuk pasangan yang belum terpilih harus legowo untuk menerima hasil akumulasi perolehan suara yang sah,” pungkasnya.(Fakhrul/Syafrial)


Editor: Syafrial
Fotografer: Syafrial