Pengabdian Tak Kunjung Padam Di Tanah Matuse

Pasaman, Humas--Ditugaskan di daerah nun jauh, kalau sudah menjadi amanah diberikan, tak menyurutkan langkah untuk tidak mempersembahkan pengabdian.

Itulah sekiranya gambaran tekad Syahrijal, ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman yang ditugaskan menjabat Kepala KUA Kecamatan Mapat Tunggul Selatan alias Matuse.

Membuka cerita Rabu (4/10), beberapa tahun lalu dirinya bertugas untuk masyarakat Matuse. Satu kecamatan paling jauh dari pusat ibukota Kabupaten Pasaman.

Keterangannya, saat ini tinggal di Lubuk Sikaping dan harus berulang ke Matuse, kurang lebih 103 KM jaraknya. Harus menempuh medan perjalanan yang menantang karena terjal dan berbukit.

Walau demikian, Syahrijal menyatakan tidak galau juga tidak merasa berat untuk berdinas di sana, justru menyenangkan karena masih bisa ditempuh oleh kendaraan roda empat dan dua, sembari menikmati keasrian alamnya nan indah.

Ditambahnya, selama bertugas sangat merasakan kehangatan sambutan masyarakat, yang ternyata turut membantu meringankan tugasnya

Syahrijal meneruskan, sebagai ASN Kemenag tentunya harus memberikan pengabdian yang tulus untuk berkembangnya masyarakat Matuse. Memberikan layanan khususnya di bidang agama dan keagamaan. Serta mewujudkan visi misi Kemenag.

Disebutnya, sekarang ini tengah mempersiapkan Kampung Quran di Jorong Muaro Nagari Muaro Sei. Lolo. Sebuah desa yang lumayan jauh dari sentral perkantoran kecamatan.

"Insya Allah dalam waktu dekat Kampung Quran akan dilaunching oleh Bupati Pasaman dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman", ujar lelaki kelahiran tahun 1978 itu dengan senyuman khasnya.

Dalam bekerja, pria yang pernah honor di KUA Kecamatan Dua Koto itu sangat dibantu PPPK dan Penyuluh Agama Islam Non PNS.

Disamping bekerja di kantor, ia juga melakukan pembinaan umat, mensosialisasikan program Kemenag dan Pemerintah Daerah, meski terkadang hingga malam hari dan melewati tantangan mengendarai sampan kecil untuk menjangkau desa yang terbelah oleh sungai.

Asanya tentu, pengabdian yang tak kunjung padam ini berbuah manis dan lezat untuk masyarakat dan Kementerian Agama Kabupaten Pasaman. Yusuf AS

 


Editor: -
Fotografer: -