Penguatan Pengelola Data EMIS Ponpes, MDT dan TPQ, Kemenag Sumbar Gelar Pembinaan

Padang (Humas)- Seluruh tusi di Lembaga Kementerian Agama termasuk peran dan fungsi operator atau pun pengelola data EMIS memiliki urgensi yang krusial dalam pelayanan publik khususnya bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam. Dimana operator ponpes, MDT, TPQ berperan besar dalam menunjang proses perencanaan dan pengambilan kebijakan program Pendidikan pada Kementerian Agama.

Pernyataan ini diutarakan Kabid Papkis H Naharudin saat mewakili Kakanwil membuka kegiatan Pembinaan Pengelola Data EMIS, pondok pesantren, MDT dan TPQ di Bagindo Room Hotel Padang, Senin (04/11/23).

Menurut Naharudin Aplikasi EMIS sangat menentukan maju mundurnya lembaga, dengan kata lain EMIS saat ini adalah nafasnya lembaga. Hal itu bergantung sekali kepada kinerja operator dan pengelola EMIS di Kabupaten /kita Sumbar.

Ia menyampaikan agar kegiatan ini bisa diikuti dengan baik dan perlu dimaksimalkan. Ketika berbicara data maka yang terlintas adalah validitas suatu lembaga, artinya sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu lembaga dalam mengentry data lembaga tersebut.

Disamping itu Naharudin juga mengharapkan melalui kegiatan pembinaan ada perubahan signifikan terhadap peningkatan kinerja operator. Yang pada akhirnya berujung kebaikan pada lembaga Pondok pesantren, MDT dan TPQ di Sumbar.

“Silahkan ikuti kegiatan dengan cermat, jangan ragu bertanya, belajar dan silahkan berdiskusi dengan para pembicara dari ketua tim di lingkup Bidang Papkis Kanwil Kemenag Sumbar.” Pesannya.

Diikuti 40 peserta se-Sumbar, tujuan kegiatan ini disampaikan Ketua Tim Pendidikan Kesetaraan dan Sisfo Efrian dalam laporan,  untuk meningkatkan mutu pendidikan dan penguatan data EMIS (Education Managemen Information System) atau Sistem Informasi Tata Kelola Pendidikan bagi madrasah diniyah, Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar. 

Hadir pada kesempatan itu Ketim PD Pontren dan Ma’had Aly Yohanis, Ketim Pendidikan Diniyah Takmiliyah H Indra Gunawan. Kegiatan melibatkan dua pemateri diantaranya Ketim Pendidikan Kesetaraan dan Sisfo Efrian dan Operator EMIS Bidang Papkis Kanwil Kemenag Sumbar Hj Fatmawati.(vera)

 


Editor: -
Fotografer: -