Penutupan Khatam Al-Qur'an TPQ Al-Hijrah Nurul Haq, Zulfabriandi Jelaskan Bahwa Al-Quran Sumber Ilmu Pengetahuan

Bukittinggi, Humas--Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Zulfabriandi hadiri Penutupan Khatam Al-Qur'an TPQ Al-Hijrah Nurul Haq Bukittinggi sekaligus memberikan sambutan, Minggu (28/07/2024).

Dalam kegiatan penutupan Khatam Al-Qur'an yang bertempat di lantai 3 mesjid Nurul Haq tersebut turut dihadiri Camat, Kepala KUA Kecamatan Guguk Panjang, Yuridarsan Tokoh Masyarakat, H.Jamhur dan Tasrif BA, 

Dalam sambutannya Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Zulfabriandi ini menjelaskan bahwa Al-Quran merupakan sumber Ilmu pengetahuan. "Al-Quran menyuruh manusia belajar dari sejarah dan mengambil perbandingan dari kejayaan dan kejatuhan umat-umat terdahulu dalam rangka menghadapi masa depan. Pesan-pesan samawi dalam Al-Quran sejalan dengan semua tingkatan perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban," jelasnya.

Selanjutnya kata Zulfabriandi  Al-Quran mendorong manusia agar mengembangkan kemampuan berpikir seimbang dengan kemampuan berzikir, mengingat Allah. Al-Quran menginspirasi perkembangan ilmu pengetahuan dan mengajarkan peran dan tanggungjawab manusia yang diberi amanah ilmu. "Al-Quran sebagai pedoman hidup, menuntun umat manusia agar memperoleh keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

"Tidak ada satu buku dan kitab yang paling banyak dibaca dan dihafal didunia iniserta dikaji dari berbagai perspektif keilmuwan melebihi Al-Quran. Al-Quran adalah petunjuk hidup yang lengkap dari Allah SWT. Ketika kita mengkhatamkan Al-Quran dengan niat yang ikhlas dan doa yang tulus, kita akan mendapatkan syafaat dari Al-Quran tersebut di hari kiamat. tujuan diadakannya khatam Al-Qur'an ini salah satunya sebagai ungkapan rasa syukur dan mengharapkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT," tuturnya lagi. (Syafrial)


Editor: Syafrial
Fotografer: Syafrial