Penyerahan Sertifikat Pengukuran Arah Kiblat

Baso, Humas - Ka.KUA Kecamatan Baso melakukan kunjungan sekaligus penyerahan sertifikat pengukuran arah kiblat di Mushalla Khairul Hidayah Kapai Jorong Tabek Panjang Baso ( Kamis, 07-09-2023 )

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ka.KUA Kec. Baso, Staf, Penyuluh Agama, pengurus Mushalla, dan tokoh masyarakat setempat.

Ismail Roma memberikan apresiasi kepada pengurus yang telah berupaya mengajukan permohonan pengukuran arah kiblat sebelum pendirian mushalla Khairul Hidayah ke Kemenag Kabupaten Agam dan alhamdulillah permohonan ini dikabulkan dengan telah dilaksanakan pengukuran sesuai SOP yang berlaku oleh tim pengukuran arah kiblat kabupaten agam. Kemudian beliau melanjutkan pengukuran arah kiblat yang bisa dilakukan sebelum didirikannya bangunan rumah ibadah dan bisa juga dengan Rashdul Kiblat yaitu ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar Matahari menunjukkan arah kiblat.

Sebelum membahas tentang pengukuran arah kiblat perlu diketahui peristiwa Istiwa Adzam di ka’bah merupakan fenomena saat matahari berada di titik zenith Ka’bah pada saat transit. Pada saat itu nilai sudut deklinasi Matahari sama dengan nilai koordinat lintang ka’bah yang berada di kota Makkah. Fenomena tersebut terjadi dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Mei dan Juli. Saat peristiwa Istiwa Adzam, Matahari dapat digunakan sebagai petunjuk arah kiblat dengan cara melihat arah bayangan yang dibentuk oleh objek yang dipasang tegak lurus pada permukaan yang rata.

Harapan  beliau semoga seluruh tempat ibadah (mesjid,mushalla,surau) mencek ulang arah kiblat, supaya terciptanya keakuratan arah kiblat yang menjadi syarat sah shalat. Ujar Ismail. Repost ( M.Zakir )


Editor: -
Fotografer: -