Penyuluh Agama Islam Teladan Kabupaten Solok 2021 Wafat di Sungai Lasi

Koto Baru, Humas- Refni Dayu, M.Pd.I Penyuluh Agama Islam Teladan Kabupaten Solok tahun 2021 berpulang ke Rahmatullah, Rabu (30/8) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kabar duka kepergian ustadzah yang menghidupkan kembali aktivitas belajar mengaji di Surau :Lakuak jorong Batang Pamo nagari Pianggu Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok ini menjadi kabar duka diujung Agustus 2023 ini.

Dari keterangan keluarga, Dayu begitu alumni UIN Mahmud Yunus Batusangkar ini disapa telah beberapa kali menjalani perawatan di rumah sakit akibat sakit leukimia yang diberitakan.

SuhaNews merekam jejak ustadzah yang bersama adiknya Susi menghidupkan kembali Surau Lakuak ynag terkenal dengan belajar tanpa biaya ini hingga mengantarkan jadi Penyuluh Agama Teladan dan mewakili Kabupaten Solok ke tingkat Sumbar.

Dayu meninggalkan seorang putri yang masih SD, sedangkan suaminya telah lebih dulu wafat pada Agustus 2019 lalu.

Mewakili keluarga besar Kementerian Agama, Kakan Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli menyampaikan belasungkawa atas wafatnya ustadzah Refni Dayu M.Pd.I.

"Semoga aktivitasnya menghidupkan Surau Lakuak dan ilmu yang diajarkan pada santri menjadi ladang amal baginya, dan semangat mengembangkan pendidikan agama di Sungai Lasi dilanjutkan.oleh para guru MDTA, guru Surau dan Penyuluh Agam Islam di kecamatan IX Koto Sungai Lasi," ujar Kakan Kemenag.

Kepergian Dayu menyisakan banyak kenangan, tidak hanya bagi santri Surau Lakuak yang diajarnya, tetapi juga masyarakat jorong Batang Pamo bahkan nagari Pianggu. Karena selain menghidupkan surau sebagai tempat belajar mengaji, Dayu dan Susi juga menggiatkan kegiatan sosial untuk fakir miskin dan duafa, terutama saat lebaran menjelang.

Ratusan pelayat datang ke rumah duka di jorong Batang Pamo nagari Pianggu, tersuruk di kaki bukit barisan di perbatasan Kabupaten Solok dan kota Sawahlunto atau nagari Pianggu dan Silungkang.

Selamat jalan Dayu, semoga amal ibadahmu menjadi pembuka pintu surga dan menemani alam kuburmu. Fendi


Editor: -
Fotografer: -