Penyuluh Penggiat Disabilitas Kota Bukittinggi maju dalam seleksi Penyuluh Award TK.Nasional 2024

Bukittinggi, Humas--Penyuluh Agama adalah garda terdepan bagi lembaga Kementerian Agama dalam misi mencerdaskan umat dan masyarakat. Tugas utama Penyuluh Agama adalah melakukan Bimbingan dan Penyuluhan Agama di tengah masyarakat mulai dari memberikan informasi keagamaan, memberikan pemahaman  ajaran Agama Islam di tengah masyarakat, sampai membimbing masyarakat untuk dapat melakukan ajaran agama dengan baik. Sehingga akan terwujudnya masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah. 

Penyampaian informasi keagamaan ini tidak saja menjadi kewajiban terhadap masyarakat biasa. Tapi masyarakat luar biasa semisal Penyandang Disabilitas pun berhak mendapatkan bimbingan penyuluhan. Hal ini telah di paparkan pada pasal 79 undang undang no.8 tahun 2016. 
Sebagai Penyuluh Agama sudah harus responsif dan Arif serta bijak sana dalam upaya pemerataan hak mendapatkan bimbingan penyuluhan bagi penyandang Disabilitas. 

Maka semenjak tahun 2019, Rusman Edi Penyuluh Agama Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi telah mulai menunaikan hak-hak disabilitas dalam mendapatkan bimbingan penyuluhan. 
Secara bertahap apa yang telah dilakukan Penyuluh Agama Islam ini telah mendapatkan hasil. Sehingga penyuluh tersebut makin fokus dan antusias dalam membina anak Disabilitas. 
Rusman merasa bertanggung jawab terhadap masyarakat penyandang disabilitas. Makin hari makin bertambah Minggu dan bulan sampai hitungan tahun hasil makin menggembirakan. Mulai dari tunarungu, tunanetra, Autis telah menampakkan hasil. Sehingga tak salah para tokoh dan pejabat Kota Bukittinggi mengapresiasi beliau sebagai Penyuluh Penggiat atau penyuluh peduli Disabilitas. 

Rusman Edi terus meningkatkan kepeduliannya terhadap Disabilitas. Kalo dulunya di fokuskan kepada empat macam ketunaan Disabilitas dua tahun belakangan ini telah makin berkembang kepada tujuh macam ketunaan dengan tambahan Grahita, Daksa dan Syndrom. Insya Allah kalau Allah mengizinkan tahun ini Rusman Edi akan maju ke tingkat Nasional pada ajang Pemilihan penyuluh Agama Islam Award TK. Nasional. 

Tentunya Rusman berharap dukungan dan doa kita bersama dalam Iven tersebut. Semoga Rusman Edi kali ini akan memperoleh terbaik Satu setelah pernah peringkat dua pada Pemilihan Penyuluh Teladan tk. Nasional 2021 yang lalu. Aamiin.

Sementara itu Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan jajaran tersebut dalam memberikan Penyuluhan serta peduli terhadap masyarakat yang berkebutuhan khusus. Dengan kepedulian Rusman Edi kepada masyarakat berkebutuhan khusus tersebut mengantarkannya untuk mengikuti ajang pemilihan Penyuluh Agama Islam teladan Tingkat Nasional. Mudah-mudahan Rusman Edi dapat memperoleh hasil terbaik di tingkat Nasional nantinya. (Rusman/Syafrial)


Editor: Syafrial
Fotografer: Syafrial