Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kemenag Tanah Datar Gelar Upacara Bendera

Batusangkar-Humas Info : Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Datar menggelar upacara bendera bertempat di halaman Kantor, Selasa (1/10). Bertindak sebagai Pembina upacara Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Agustamam serta dihadiri oleh Kepala Seksi, Kepala dan staf KUA terdekat, Ketua dan anggota Pokjawas serta ASN Kantor Kemenag Tanah Datar.

Momen upacara ini juga diwarnai pakaian khas daerah Sumatera Barat (baju kuruang basiba bagi perempuan dan baju gunting cino/taluak balango bagi laki-laki) yang dikenakan peserta upacara dalam rangka dukungan peringatan Hari Jadi Sumatera Barat ke-79 Tahun 2024 yang sudah mulai dikenakan oleh ASN di lingkungan Kemenag Tanah Datar sejak kemarin. Upacara dimulai pukul 7.30 WIB dengan tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 yaitu 'Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas'.

Membuka amanatnya, Agustamam menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran ASN yang hadir pada upacara ini serta pelaksana upacara yang telah mempersiapkan diri. Ia juga menginformasikan Kakankemenag H. Amril yang sejatinya menjadi Pembina upacara sedang berada di Solo untuk menghadiri Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah (AMPERA) 2024 dimana Masjid Akbar Galogandang menjadi nominasi 3 besar tingkat nasional kategori Masjid Ramah Keragaman.

Pada amanatnya, Agustamam mengajak untuk mengingat kembali sejarah lahirnya 'Hari Kesaktian Pancasila' yaitu peristiwa G30S PKI sebagai upaya jahat dalam mengganti ideologi bangsa. Ia juga mengajak peserta upacara untuk memetik nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri yang dijabarkan di tiap Sila.

"Pada Sila Pertama, ada nilai Ketuhanan dan berkorelasi dengan kita umat Islam yaitu keesaan Allah SWT. Sesuai surat Al-Ikhlas yang menyangkut akidah, tidak ada tawaran keesaan ini," ujar Agustamam. Sementara di Sila Kedua, Ia menyampaikan nilai kemanusiaan yang terkandung yaitu tidak ada perbedaan dengan adanya berbagai suku dan bangsa. Pada nilai Sila Ketiga, keragaman diikat oleh Pancasila sebagai ideologi yang mampu menyatukan keragaman serta Sila Keempat memiliki nilai musyawarah dan unsur mufakat. Pada Sila Kelima, Agustamam menekankan keadilan dalam perlakuan hukum yang sama bagi warga negara. "Semoga Allah WST menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia," ucap Agustamam menutup amanat.

Turut memberi harapan melalui pesan singkat, Kakankemenag Tanah Datar H. Amril menyampaikan agar semangat Hari Kesaktian Pancasila dapat direfleksikan oleh ASN di lingkungan Kemenag. "Dengan semangat Pancasila, mari bersama kita tingkatkan kinerja serta memberikan dedikasi terbaik untuk mewujudkan Indonesia Emas", ucap H. Amril. (AP/UH)


Editor: Anggi
Fotografer: Ulfa