Peringati Idul Adha 1445 H, ASN Kanwil Kemenag Sumbar Ikut Salurkan Kurban Ketitik Bencana

Padang, humas -- Momen peringatan  hari raya Idul Adha dan penyelenggaraan ibadah kurban merupakan momen meningkatkan rasa kepedulian dan solidaritas antar sesama.

Demikian disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera  Barat H Mahyudin didampingi H Edison  ketua panitia penyelenggara kurban 1445 H dan para Kepala Bidang jajaran Kanwil sesaat sebelum prosesi penyembelihan sapi kurban di pelataran parkir Kanwil, Kamis (20/06).

 

Kakanwil mengatakan Ibadah kurban yang dilaksanakan pada hari raya Idul Adha sampai hari tasyrik, tiada lain bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

"Kurban dalam dimensi vertikal adalah bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah supaya mendapatkan keridhaan-Nya", ungkap Kakanwil.

Sedangkan dalam dimensi sosial, Kakanwil menyebutkan  kurban bertujuan untuk memupuk rasa kepedulian, kebersamaan dan solidaritas.

Untuk itu, Kakanwil meminta ASN jajaran Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dapat memaknai hakikat ibadah kurban tersebut dan diterapkan dalam meningkatkan kinerja dan kehidupan sehari-hari.
 

Ikut disaksikan Kepala Kankemenag  Kota PadangH Edy Oktafiandi, Kepala Kankemenag Kabupaten Mentawai H Masdan dan ASN dilingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat proses penyembelihan hingga pendistribusian daging  tiga ekor sapi itu berjalan sukses dan lancar.

H Edison dalam laporan menyampaikan  tahun ini pendistribusian hewan kurban juga diserahkan ke salah satu  daerah terkena dampak bencana di Sumatera Barat yakni desa Sungai Jambu Kabupaten  Tanah Datar berupa satu ekor sapi dan satu ekor kambing.

Penyerahan hewan kurban tersebut, lebih dulu telah diserahkan oleh Kakanwil H Mahyudin secara simbolik kepada Kepala Kankemenag Kabupaten Tanah Datar, H Amril beberapa hari lalu sebelum peringatan hari raya Idul Adha 1445 H lalu. rzk


Editor: rzk
Fotografer: rzk