Peringati Tahun Baru Hijriyah, ASN Dan DWP Kemenag Tanah Datar Adakan Wirid Jum'at

Batusangkar-Humas Info : Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Datar mengadakan wirid rutin diikuti pertemuan bulanan Dharma Wanita Persatuan yang berlangsung di Aula Ikhlas Beramal Kantor Kemenag, Jum'at (12/7). Kegiatan ini memperingati tahun baru hijriyah 1 Muharam 1446 H. Hadir sebagai penceramah Ustadz Syahril Ramadhan yang juga pengajar di MTsN 7 Tanah Datar.

Pada sambutannya, Ketua DWP Kemenag Tanah Datar, Ny. Hj. Gusminar menyampaikan terima kasih kepada DWP yang telah hadir pada pertemuan ini terkhusus DWP dari Kecamatan Lima Kaum sebagai pelaksana kegiatan di kesempatan ini. Kemudia Ia menambahkan bahwa ada program-program yang telah direncanakan dan disepakati agar dilaksanakan. Ia berharap pertemuan rutin seperti ini dihadiri oleh seluruh DWP di lingkungan Kemenag Tanah Datar untuk menjalin silaturahmi keluarga besar Kemenag Tanah Datar.

Pada moment pergantian tahun hijriyah ini, Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar, H. Amril mengajak untuk refleksi dan introspeksi diri. Pada sambutannya, ia mengingatkan bahwa muhasabah diri bukan hanya sekali setahun ketika ada pergantian tahun, namun setiap hari perlu mengevaluasi diri sebelum kita tidur di malam hari. "Kita ingat-ingat lagi apakah hati, lisan dan perbuatan kita telah sesuai dengan ajaran agama kita mulai kita bangun tidur hingga sebelum tidur", ujar H. Amril. Ia menambahkan bahwa akhlak dan perbuatan kita hendaknya menjadi lebih baik kedepannya agar menjadi orang yang beruntung. Pada momen tahun baru hijriyah ini Ia juga mengajak untuk berhijrah memperbaiki diri baik ibadah di kehidupan sehari-hari maupun di lingkungan pekerjaan.

Momen tahun baru hijriyah ini juga diingatkan kembali akan musibah longsor dan banjir lahar dingin (galodo) dari Gunung Marapi yang menimpa Kabupaten Tanah Datar Mei (11/5) lalu. Ustadz Syahril Ramadhan dalam tausiyahnya menceritakan akan dahsyatnya kejadian tersebut, dan MTsN 7 tempat ia mengajar habis hancur terdampak. Bahwa adanya musibah tersebut, manusia terasa kecil untuk menghadapi takdir yang luar biasa dari Allah SWT.

Ia menyampaikan pesan-pesan tersirat yang ada pada Al-qur'an surat Al-Anfal : 74, bahwa orang yang beriman dan berhijrah akan memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia. Untuk itu adanya musibah yang menimpa kita hendaknya dijadikan momen untuk memperbaiki diri baik akhlak dan perbuatan kita agar kita senantiasa menjadi orang yang beriman dan bertaqwa serta memperoleh keselamatan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Turut hadir pada pertemuan tersebut, Plt. Kasubbag TU beserta istri, Plt. Kasi PHU dan istri, sebagian Kepala Madrasah, sebagian Kepala KUA dan istri, Pokjawas dan ASN serta istri ASN di lingkungan Kemenag Tanah Datar. (AP/UH)


Editor: Anggi
Fotografer: Ulfa