Persiapan Lomba Anugrah Masjid Percontohan Tahun 2024 di Kemenag Kota Solok

Kota Solok, Humas Kemenag --- Mewakili kepala kantor Kemenag Kota Solok, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Irawadi Uska membuka kegiatan Rapat persiapan perlombaan Anugrah Masjid Percontohan (Ampera) tahun 2024. Lomba tersebut bertujuan untuk mendorong pengelolaan masjid yang lebih baik serta memperkuat peran masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial di masyarakat.

 

Rencana persiapan lomba ini diungkapkan dalam sebuah rapat koordinasi yang dihadiri Kepala KUA kecamatan se Kota Solok, Penyuluh Agama Fungsional,staf Bimas Islam Perwakilan Pengurus Masjid  Agung Al Mukhsinin, Syura, Pandan, Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kecamatan dan Kelurahan se Kota Solok, dilaksanakan pada hari Selasa (23/07) di Aula Abubakar Kantor  setempat.

 

"Dengan adanya Lomba Anugrah Masjid Percontohan ini, kami berharap dapat mendorong pengelolaan masjid yang lebih profesional serta memotivasi masyarakat untuk aktif dalam kegiatan keagamaan di lingkungan sekitar," ungkap Kasi Bimas Islam Irawadi Uska.

 

“Setiap masjid yang telah ditetapkan akan di tunjuk, salah seorang Penyuluh Agama Islam untuk menjadi penanggung jawab semua kegiatan di  Masjid tersebut”urai kasi Bimas Islam

 

Dalam Rapat Koordinasi ini menghasilkan  kesepakatan  3 Masjid Percontohan dan 4 Masjid Ramah untuk dinilai. Diantaranya untuk Masjid Percontohan, Masjid Agung Al Mukhsinin, Masjid Syura pandan, Masjid Lubuk Sikarah, sedangkan Masjid Ramah yaitu Masjid An Nur sebagai Masjid ramah Lansia & difabel, Masjid Al Manar sebagai Masjid Ramah Anak dan Perempuan, Masjid Nurul Hidayah sebagai Masjid Ramah Musafir dan Dhua’fa dan Masjid Taqwa Kodim sebagai Masjid Ramah Lingkungan.

 

Saat diwawancarai Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok H. Mustafa menyampaikan, untuk menghadapi lomba Anugrah Masjid Percontohan, mari matangkan semua persiapan dengan berpedoman kepada petunjuk teknis yang telah diturunkan, disamping itu Kemenag harus menggandeng dan bekerjasama dengan berbagai pihak, baik Pemerintah, Masyarakat, dan Pengurus Masjid. Semoga dengan persiapan yang maksimal Masjid di Kota Solok bisa menjadi Nominasi. (helda)


Fotografer: Jamaris