Pessel Jadi Tuan Rumah, Sudirman Beberkan Persiapan dalam Rakor Porsadin VI

Padang (Humas)- Perhelatan dua tahunan Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) ke- VI tingkat Provinsi Sumbar tinggal menghitung bulan. Pesisir Selatan yang dinaubatkan sebagai tuan rumah tentu perlu melakukan sejumlah persiapan dan koordinasi dengan unsur terkait. 
Demikian dituturkan Sudirman selaku Kasi PD Pontren Kankemenag Kabupaten Pesisir Selatan yang hadir sebagai pembicara pada rapat koordinasi yang digelar Kanwil Kemenag Sumbar melalui Bidang Papkis hari ini, Kamis (11/07/24).

Dalam rapat tersebut panitia penyelenggara yang diwakili Sudirman menyampaikan beberapa persiapan yang akan dilakukan Kabupaten Pessel sebagai tuan rumah.

 "Selaku panitia penyelenggara kegiatan kami sudah menyiapkan beberapa lokasi untuk kegiatan lomba dan acara pembukaan. Untuk pembukaan rencana akan dipusatkan Pantai Carocok Painan dan persiapan pemondokan (penginapan/ hotel) yang ada sekitar Painan dan lokasi lomba di masjid, kantor dinas BUMD setempat ,” sebutnya.

Menurut Sudirman kesiapan Pesisir Selatan sebagai tuan rumah mewakili Kepala Kankemenag Kabupaten Pessel, saat ini sudah ada pergerakan. 

Sudirman menambahkan sebagai panitia penyelenggara pihaknya hanya memfasilitasi terkait SK Panitia. Bagaimana pun sudah melakukan persiapan sebagai penyelenggara. Sementara untuk panitia pelaksana adalah FKDT. 

Disamping itu Sudirman menjelaskan panitia penyelenggara Kabupaten Pessel menyiapkan SK Panitia penyelenggara (SK Bupati Pessel). Untuk itu pihaknya berharap dengan gelaran rapat hari ini menghasilkan kesepakatan terbaik untuk kesuksesan Porsadin di Pessel.

“Terimakasih dan alhamdulilah rapat yang kami harapkan sudah terlaksana hari ini. Kami memang sudah menunggu rapat di provinsi ini untuk bisa ditindaklanjuti di Kabupaten,” katanya.

Selain itu, Sudirman mengaku Pemkab Pesisir Selatan pada prinsipmya sangat mendukung terlaksananya acara ini. Untuk itu terkait persiapan pemondokan  penginapan/ pihak penyelenggara sesuai dengan arahan Sekda dan Kabag Kesra Pemda setempat untuk menghubungi homestay atau hotel yang ada di sekitar Painan.

Menurutnya persiapan kegiatan harus matang dan jelas. Harus disiapkan konsep panitia dan juga dikoordinasikan dengan pihak Pemda setempat. Selain itu untuk tempat pemondokan juga telah disiapkan oleh pemerintah daerah dengan beberapa catatan. Bahwa FKDT Kabupaten/kota masing-masing yang menanggung biaya penginapan.

Hanya saja jika biasanya per orang 250/ malam. Untuk kegiatan ini, maka Cuma dikenakan biaya per kontingen. Jika ada 40 orang satu kontingen, maka hanya membayar 2-3 juta lebih untuk dua malam, ini tentu saja jauh lebih ringan, sambungnya.

“Untuk pemondokan sudah kita hubungi sejumlah penginapan dan homestay yang ada. Dengan alokasi biaya penginapan berkisar 2 hingga 3,6 juta perkontingen/rombongan.” Ujarnya.

Pihaknya menyebut selama ini pemondokan diarahkan di rumah masyarakat, namun karena Pessel daerah wisata akan sulit terlaksana. “Maka hasil kesepakatannya kita hubungi homestay atau penginapan untuk para kontingen se-Sumbar. Kami berusaha semaksimal mungkin, agarbacara ini bisa sukses,” terang Sudirman.

Kemudian untuk Lokasi lomba akan dipusatkan di sejumlah tempat seperti masjid, kantor dinas/ BUMD sekitar daerah setempat.

Disisi lain Sudirman juga mengatakan khusus untuk konsumsi pada acara pembukaan ditanggung oleh panitia penyelenggara.

“Dimana untuk konsumsi di pemondokan atau penginapan selama acara berlangsung, merupakan  tanggung jawab kabupaten/ kota masing masing,” katanya.

Sudirman menuturkan panitia pelaksana dalam hal ini adalah DPW FKDT dan Kanwil Kemenag Sumbar akan bertanggung jawab untuk hadiah, honor dewan juri dan panitera.

“Alhamdulillah saat ini juga tengah berlangsung latihan tarian massal menjelang persiapan Porsadin yang akan digelar di Pessel oleh para siswa siswi madrasah." Ucapnya.

Ia sangat mengharapkan arahan dan dukungan seluruh pihak termasuk masyarakat, sehingga Pessel bisa sukses sebagai penyelenggara dan mendapat kesan yang baik di hati seluruh tamu kontingen Porsadin yang datang ke Pessel.

Turut hadir pada kegiatan rapat tersebut Kasi Pontren/Pakis/Pendis dan JFU Kankemenag Kabko se-Sumbar, JFT dan JFU Bidang Papkis Kemenag Sumbar.(vera)


Editor: vethriarahmi
Fotografer: VR