Pimpin Apel, Kabag TU Sampaikan Tiga Hal Penting 

Padang (Humas)- Kegiatan apel merupakan wujud dari loyalitas dan ketaatan aparatur terhadap regulasi dan pimpinan. 

Demikian ditegaskan Kabag tata Usaha H Edison saat memberi amanat pada apel pagi, Senin (30/09/2024) dihadapan jajaran pejabat eselon III, Ketua Tim, JFT, JFU dan mahasiswa/i magang (PKL).

Kehadiran apel pagi menurutnya adalah cerminan dari komitmen kita terhadap institusi. Dengan disiplin hadir, hal itu menunjukkan bahwa aparatur adalah bagian yang tidak terpisahkan dari lembaga. 

“Diminta memang  yang hadir itu hadir faktual. kalau 16 orang yang hadir. Semestinya segitu juga jumlah absen yang ditandatangani. Dan nanti akan kita evaluasi,” pintanya menyebut bahasan pertama pada apel.

Edison menyampaikan ucapan terimakasih kepada ASN yang telah mengikuti apel pada hari ini, tetap semangat dan melaksanakan tugas sebagai bentuk pengabdian kepada negara.

“Kepada kita yang hadir atas nama pimpinan mengucapkan terimakasih apresiasi karna telah melaksanakan salah satu bentuk dari loyalitas kita dan ketaatan kita kepada aturan yang sudah kita sepakati dan di tetapkan oleh pimpinan,” ungkapnya.

Sehingga agenda apel pagi ini tidak hanya meningkatkan disiplin dan loyalitas tetapi  juga meningkatkan kualitas kinerja, lanjutnya.

Edison meminta kepada ketua tim kepegawaian, untuk merekap presensi apel apel pagi ini. Untuk melihat mana yang hadir absen dan mana yang tidak, dan setiap pekan di laporkan ke Kabag TU.

“Jadi kita berharap bapak ibuk, bagi ada teman kita yang sakit, silahkan ambil absen sakitnya, bagi yang sedang dalam perjalanan dinas, juga jelaskan bersangkutan sedang dinas. Yang menjadi pemikiran dan catatan kita selama ini adalah yang izin dan tanpa keterangan. Tentu hal itu tidak boleh dibudayakan untuk masa yang selanjutnya,”jelasnya.

Kedua, Kabag TU menyinggung terkait  tugas kedinasan khususnya kepada Tim Kepegawaian dan anggota yang telah ikut membantu bahwa proses seleksi administrasi CPNS jajaran Kanwil di Sumatera Barat. Dimana tercatat lebih kurang 11 ribu lebih yang memenuhi syarat. 

“Alhamdulilah saat ini sudah selesai seleksi administrasi. Dan juga sudah selesai masa sanggahnya kemarin, sehingga sudah ditetapkan dengan rapat bersama biro kepegawaian.” Ucapnya.

Untuk itu pihaknya atas nama pimpinan memberikan apresiasi kepada semua pihak, terutama kepegawaian dan seluruh aparatur atas kesediaan waktunya untuk bekerja lembur siang dan malam untuk menuntaskan hal itu.

“Maka tentu setelah seleksi administrasi ini kita menunggu SKD (Seleksi Kompetisi Dasar) yang nanti akan di konfirmasikan oleh biro kepegawaian dimana lokasinya dan kapan tanggalnya.” Terang Edison.

Disamping itu, seiring dalam berjalannya proses CPNS di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar, terbaru juga ada informasi surat dari Kemenag pusat perihal akan dilaksanakan seleksi P3K di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar.

“Pendaftarannya mulai besok sampai tanggal 20 untuk kategori 1, siapa kategori 1, mereka yang sudah melakukan finalisasi atau submit data di BKN, itu mulai besok. Mudah-mudahan teman-teman kita yang di Kanwil Kemenag Sumbar kebagian dan bisa mengikuti ini. Dan nanti akan selesai sampai akhir Desember,” tambahnya. 

Oleh karenanya Edison berharap ketua tim kepegawaian dan seluruh tim bisa merencanakan tindak lanjut proses ini agar berjalan lancar. Pihaknya berharap baik CPNS maupun P3K yang diamanahkan kepada kita di Sumatra barat , bisa  dilaksanakan sebaik-baiknya.

Ketiga, Kabag TU  kembali mengingatkan, terkait dengan e-kinerja sesuai arahan dari pimpinan paling lambat 10 oktober seluruh aparatur sudah melaporkan e-kinerjanya melalui aplikasi kepada Kakanwil.

“Termasuk seluruh Kepala BidangB, juga kabag TU dan Pembimas paling lambat tanggal 10 sudah melaporkan aplikasi e-kinerja. Nah output data Kabid, Kabag dan Pembimas, tentu dari masing-masing ketua tim kerja,”ungkapnya.

Untuk itu, Kabag TU meminta seluruh ketua tim kerja untuk bisa memberikan support dengan memberikan laporan insiden terkait dengan e-kinerjanya yang menjadi perkin bidang unit masing-masing kepada Kanwil.

“Selanjutnya, kita buat pelaporan datanya mulai dari hari ini, dan kalau bisa jangan di tunggu 10 oktober. Usahakan sebelum tanggal 10 itu sudah disubmit untuk seluruh pimpinan unit dan seluruh aparatur,” katanya.

Kepada aparatur yang belum menyelesaikan e-kinerjanya triwulan dua, masih bisa paling  lambat 30 september ini. Begitu pula  kepada ketua tim kerja masing-masing Kabag TU menganjurkan agar dibantu atau disupport anggota tim kerjanya yang terkendala dalam laporan e-kinerjanya.  

Menutup amanat Kabag TU mengajak ASN untuk terus meningkatkan kekompakan dan kesatuan dan loyalitas. 

“Mudah-mudahan kita nyaman selama bekerja dikantor ini. Kalau ada masalah kita selesaikan kita bicarakan, sehingga tidak ada masalah. Dan yang utama masalah di rumah juga jangan dibawa dikantor,” tandasnya.(vera)

 


Editor: vethriarahmi
Fotografer: -