Pimpinan Ponpes IC Harau Lepas 4 Santri Menuju Yaman

Lima Puluh Kota, Humas - Pimpinan Insan Cendekia Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Ihsan Ahmad, melepas empat santri terbaiknya menuju Universitas Alquran Hadramout, Yaman, Jumat (15/9) di Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru. Turut hadir melepas, Toni Yuli Hendra, Pimpinan Kompleks IC Harau.

Empat santri ini, usai melewati seleksi yang ketat, akhirnya dinyatakan lolos dan berkesempatan menimba ilmu di tanah para Waliyullah, tanah para ulama besar. Keempat santri ini sangat bersyukur bisa menyampaikan niat mereka menimba ilmu di universitas impian mereka. Para santri hebat Insan Cendekia Harau tersebut, mereka adalah Alya Rahma Andiva, Alya Rahmi Andiva, Aisyah Salsabila Husnul Khatimah Yusra, dan M.Hasbi.

Pimpinan IC Harau, Ihsan Ahmad, saat dikonfirmasi mengucap syukur atas prestasi yang telah diukir santrinya. Ihsan menyebut ikhtiar baik ini akan terus dilakukan sebagai upaya pondok pesantren untuk mewujudkan harapan dan cita-cita para santri.

Selanjutnya Ihsan menjelaskan, dalam upaya menembus universitas kebanggaan warga Yaman ini, pihak Pondok Pesantren Insan Cendekia Harau telah menjalin kerja sama dengan universitas tersebut. Tujuannya adalah dalam rangka mencetak generasi dan ulama masa depan.

“Dalam upaya menembus universitas bergengsi ini, dan bukan hanya di Universitas Alquran Hadramaut, Yaman, juga termasuk ke Timur Tengah dan perguruan tinggi umum lainnya, baik dalam dan luar negri, kita tiga tahun belakangan telah mengadakan kelas tambahan. Kelas ini digelar pada malam hari. Pembelajaran tambahan ini guna memantapkan keilmuan santri,” lanjut Ihsan.

Pembelajaran ini, lanjut Ihsan, terdiri dari pembelajaran keagamaan maupun pembelajaran umum. Selain itu, pembiasaan berkomunikasi setiap hari di pondok pesantren dengan menggunakan  Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, juga menjadi upaya agar santri terlatih menggunakan bahasa dunia tersebut, sehingga menjadi salah satu bekal menggapai perguruan tinggi yang diinginkan.

Menutup penjelasannya, Ihsan menyebut, pada tanggal 6 Oktober 2023 nanti,  sebanyak tiga santri terbaiknya juga akan dilepas melanjutkan pendidikan mereka ke Universitas Al Ahgaff, Yaman.(Nina)


Editor: -
Fotografer: -