Ponpes Al Kautsar Gelar ASC, 19 Cabang Perlombaan Dihadirkan

Limapuluh Kota, Humas - Pondok Pesantren Modern Al Kautsar, Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, kembali menggelar Al Kautsar Smart Competition (ASC) Ke-XI dengan mengusung tema "Ayo Raih Prestasi, dan Junjung Tinggi Sportivitas". 

Kegiatan ASC digelar dalam rangka memeriahkan Milad Pondok Pesantren Al Kautsar ke-35 tahun dengan menghadirkan 19 cabang perlombaan untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTs Se Sumatera Barat, 18 hingga 20 Januari 2024, dengan rincian, delapan cabang perlombaan untuk tingkat SD/MI, dan sebelas cabang perlombaan untuk tingkat SMP/MTs.  Berbagai madrasah dan sekolah di Sumatera Barat ikut ambil bagian dalam ajang tahunan ini. Bahkan satu sekolah atau madrasah hampir mengikuti lebih dari 3 cabang perlombaan.

Dibuka Ketua Badan Pengelola Pesantren (BPP) Al Kautsar, Ki Jal Atri Tanjung, dalam sambutannya menyampaikan selamat dan sukses atas gelaran ASC Ke-XI Tahun 2024. Ia berpesan untuk menjadikan kompetisi ini sebagai wadah untuk membangun jiwa dan semangat sportivitas. Budaya jujur harus ditanamkan dalam kondisi apapun, termasuk dalam kompetisi.

“Kalah dan menang kita hargai. Dalam kompetisi, kita budayakan sikap yang jujur. Ada menang dan kalah. Itu sama pentingnya. Yang kalah akan berusaha meningkatkan kemampuannya, dan yang menang jangan sombong. Saya yakin ananda semua orang-orang terpilih,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota, diwakili Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, H. Safrijon. Dalam sambutannya, H. Safrijon memberikan apresiasi kepada Pondok Pesantren Al Kautsar, atas pencapaian-pencapaian yang diperoleh. Apresiasi juga disampaikan karena ajang ASC menjadi agenda tahunan dalam penjaringan santri-santri berprestasi.

“Atas nama Kementerian Agama Kabupaten limapuluh Kota, kita mengapresiasi kegiatan ini. Semoga Pondok Pesantren Al Kautsar terus melahirkan inovasi-inovasi dalam mencetak generasi hebat. Jadikan lomba ini untuk ibadah dan untuk menjalin silaturahmi," ujar H. Safrijon.


Pimpinan Pondok Pesantren Al Kautsar, Dafri Harweli dalam sambutannya juga menyampaikan selamat datang dan selamat bertanding. Dafri menyupport para peserta untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki dan memberikan tampilan terbaik. "Selamat datang dan selamat bertanding kepada seluruh santri peserta lomba. Silakan tampilkan keterampilan dan kemampuan terbaiknya, dan jadilah yang terbaik” pungkas Dafri.(Nauri/Nina)


Editor: Harnina
Fotografer: Nauri