Ponpes Darul Ilmi Singkarak Sukses Gelar ANBK

Koto Baru, Humas - Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok melakukan monitoring pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Labor Komputer Pondok Pesantren Darul Ilmi Singkarak, Selasa (19/9).

Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H. Bustami, S.Ag beserta staf Seksi Penddikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Kab. Solok memantau jalannya ANBK di Pondok Pesantren Darul Ilmi. Pondok Pesantren Darul Ilmi Singkarak melaksanakan ANBK tingkat Wustha gelombang I di tahun 2023 pada hari Senin dan Selasa tanggal 18-19 september 2023 dengan peserta 21 orang santri putra.

H. Bustami, S.Ag Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren memberikan apresiasi untuk pelaksanan ANBK di Ponpes Darul Ilmi yang berlangsung sangat kondusif, nyaman, tenang serta telah didukung dengan sarana prasarana di labor komputer yang cukup lengkap.”ujarnya.

Selain itu, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren juga memberikan motivasi kepada peserta ANBK agar dapat mengikuti ujian dengan sungguh-sungguh, fokus dan teliti, serta berpesan kepada peserta didik agar selalu budayakan literasi membaca dimanapun berada, “karena dibelakang manusia cerdas ada kebiasaan membaca yang tak pernah dilupakannya” tutur H. Bustami.

Lebih lanjut  H. Bustami, S.Ag juga menjelaskan peserta Asesmen Nasional adalah peserta didik kelas 8 tingkat Wustha yang terdaftar dalam pangkalan data Dapodik atau Emis yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional dalam kondisi valid.”jelasnya.

Yenita, S.Sos.I Selaku Proktor ANBK Ponpes Darul Ilmi menjelaskan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program penilaian mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan di jenjang dasar dan menengah serta Kesetaraan Pondok Pesantren (KPPS) dan juga merasa bersyukur atas keberhasilan pelaksanaan ujian ANBK Pondok Pesantren Darul Ilmi Singkarak ini.”ungkapnya

“Kegiatan ini menandai langkah penting dalam mendorong penetrasi pendidikan berbasis teknologi pesantren dan memastikan pesantren memiliki akses yang setara terhadap instrumen penting dalam pengukuran mutu pendidikan.”ujarnya.

Kami menyampaikan terima kasih banyak kepada seksi pendidikan diniyah dan pondok pesantren kemenag kabupaten solok yang telah berpartisipasi dalam ujian ANBK ini, serta kepada pihak yang telah mendukung dalam menjalankan kegiatan ujian ANBK ini dengan sukses,” ujarnya lagi. Nofri Hendri


Editor: -
Fotografer: -