PPIH Debarkasi Padang Ikuti Rapat Evaluasi Pemulangan Jemaah Haji se-Indonesia

Padang, humas -- Total jemaah dan petugas kloter yang sudah kembali ke tanah air melalui Debarkasi Padang saat ini berjumlah 3.530 dari 9 Kloter.

Hal ini dilaporkan Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji ( PPIH ) Debarkasi Padang  H Mahyudin saat mengikuti rapat evaluasi pemulangan jemaah haji yang tergabung gelombang I bersama PPIH Pusat dan PPIH Debarkasi SE Indonesia secara Daring, Rabu (04/07).

H Mahyudin yang didampingi Sekretaris PPIH H Ramza Husmen dan  koordinator lainnya menyatakan layanan pemulangan  jemaah haji Debarkasi  Padang dapat berjalan sukses dan lancar dengan tagline layanan haji ramah lansia.

"Untuk memberikan layanan maksimal kepada jemaah haji saat pemulangan Debarkasi Padang melakukan beberapa inovasi ", sebut H Mahyudin.

Diantaranya inovasi layanan di Debarkasi Padang tahun ini sebut H Mahyudin yaitu pemulangan  jemaah lebih dipercepat tanpa ada kegiatan seremonial dan pemberian konsumsi khusus bagi jemaah lansia.

"Selain itu Debarkasi Padang juga memberikan pelayanan kursi roda bagi jemaah yang membutuhkan dan inovasi lainnya yaitu terkait pendistribusian koper jemaah dari bus yang menjemput jemaah  di Bandara ke bus pemulangan jemaah ke daerah tanpa merepotkan jemaah haji", tutur H Mahyudin.

H Mahyudin pada kesempatan itu juga melaporkan kondisi jemaah haji yang sudah kembali ketanah air.

" Alhamdulillah, 3.530 jemaah yang tergabung dari 9 Kloter dan berasal dari provinsi Bengkulu dan Sumatera Barat saat ini sudah kembali pulang ke tanah air melalui Debarkasi Padang", ungkap Ketua PPIH Debarkasi Padang yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Barat ini.

Dalam laporannya, Ia menyebutkan jumlah jemaah yang berangkat ketanah suci dari Embarkasi Padang tahun 1445 H yaitu 6.604 orang yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat 4.837 orang dan Provinsi Sumatera Barat 1.683 orang.

" Sedangkan jemaah yang sudah kembali ke tanah air melalui Debarkasi Padang sampai saat ini sebanyak 9 Kloter dari 17 Kloter dengan rincian 1.806 asal Sumatera Barat dan 1.679 asal Bengkulu serta petugas kloter 45 orang", terang Kakanwil.

Untuk  jemaah haji asal Provinsi Bengkulu, Ia mengatakan bahwa keseluruhan jemaah haji Provinsi Bengkulu sudah kembali ketanah air dan 1 orang telah meninggal dunia di tanah suci. rzk


Editor: rzk
Fotografer: rzk