Rakor Pendidikan Diniyah dan Ponpes Bidang Papkis 2024, Bahas Sejumlah Agenda Utama

Padang (Humas)- Demi peningkatan dan optimalisasi peran dan tugas, Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Kegamaan Islam (PAPKIS) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar mengadakan Rapat Koordinasi, Rabu (24/01/23) di Aula Amal Bhakti I.

Mewakili Plt Kabid Papkis, rapat ini dimulai pada Pukul 09. WIB sampai dengan selesai, dipimpin Pelaksana Tugas Harian Yohanis. 

Dalam pengantarnya, Yohanis menyampaikan bahwa Tujuan di gelarnya Rakor Bidang PAPKIS dalam rangka mensinergikan program-program kerja yang ada di Bidang PAPKIS Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar dengan Kemenag Kabupaten/Kota Se-Provinsi Sumbar. 

Selain itu, untuk menyamakan persepsi terhadap regulasi peraturan yang diterbitkan oleh Kemenag RI maupun instansi yang lainnya berkaitan dengan Pendidikan Islam, baik berupa kebijakan maupun berupa peraturan.

Memimpin rapat, Yohanis menyampaikan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi agar disesuaikan oleh masing-masing pada Kasi Pendidikan Agama Islam dan Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam di Kankemenag  Kabupaten/Kota.

Dengan tujuan untuk melayani, memfasilitasi dan mempermudah  stakeholder dan masyarakat umumnya.

Sedikitnya ada sembilan agenda pondok pesantren yang dikedepankan pada rakor. Diantaranya terkait PERDA tentang pondok pesantren, bantuan insentif ustadz pesantren, hari santri nasional 2024, pembinaan pendidikan karakter terintegrasi kurikulum pesantren.

Selanjutnya dibahas pula berkenaan dengan urgensi sosialisasi moderasi beragama bagi pondok pesantren, even nasional (PPSN), pembinaan kurikulum pesantren, verifikasi dan validasi pendaftaran keberadaan pesantren, sosialisasi perangkat jaar kesehatan, sosialisasi pengembangan kurikulum keselamatan berlalu lintas dan pembinaan pesantren ramah anak.

Selain itu, juga dibicarakan tentang tugas pokok dan fungsi yang ada di pondok pesantren. Baik itu pondok salafiyah atau pun khilafiyah, guru-guru ponpes dan madrasah diniyah terkait bantuan operasional pendidikan, insentif, pendataan EMIS, serta Program Indonesia Pintar dan Bantuan Operasional Sekolah.

Dikatakan pada hakekatnya tujuannya adalah untuk bekerja sama dengan mitra kerja seperti DPRD, Pemda, FKPP, KKG, Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), Madrasah Diniyah Takmiliyah serta Program Indonesia Pintar, sebagai bentuk layanan di Kemenag Kab/Kota maupun Kanwil Kemenag.

Rapat kali ini membahas evaluasi program dan kegiatan bidang PAPKIS Semester I tahun 2024 oleh Ketim Pendidikan Diniyah Takmiliyah dan TPQ H Indra Gunawan dan Ketim Pendidikan Kesetaraan dan Sisfo Efrian.

Rapat koordinasi diikuti 65 peserta dari 19 Kantor Kemenag kabupaten/kota dan sejumlah organisasi mitra Bidang Papkis.  Terdiri dari Kasi Pendis Kasi Pd Pontren, Kasi Pakis Kemenag Kabko, Ketua, sekretaris FKPP se-Sumbar.(vera)

 


Editor: -
Fotografer: -