Rapat Evaluasi Eviden PMPZI Triwulan I, Kemenag Solok Gelar Rapat

Koto Baru, Humas - Bertempat di Aula Hubbul Wathan Kantor Kemenag Kabupaten Solok dilaksanakan Rapat Evaluasi Eviden Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) Triwulan I dan Pemenuhan Eviden PMPZI Triwulan II yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM diwakili Kasubbag Tata Usaha, H. Fuadi Nawawi, MA yang dihadiri oleh Para Kasi dan Penyelenggara Zawa, Pejabat Fungsional serta Ketua-ketua Koordinator dan Anggota Tim PMP-ZI. Selasa,(23/04).

Dalam arahannya, Kepala Subbag TU menekankan pentingnya dilakukan evaluasi terhadap Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMP-ZI) dalam membangun Zona Integritas di Kemenag Kabupaten Solok.

“Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan seluruh jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” jelas H. Fuadi.

Dari evaluasi PMPZI selama triwulan pertama tahun 2024 menunjukkan bahwa Kemenag Kab. Solok telah mencapai beberapa kemajuan dalam pembangunan Zona Integritas, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan disempurnakan. Pengimputan aplikasi PMPZI dan eviden atau bukti fisik merupakan bukti keseriusan Kankemenag Kabupaten Solok untuk mewujudkan Zona Integritas menuju WBK-WBBM.

Disamping itu, serapan anggaran per 28 Maret 2024, Kasubbag mengingatkan kepada seluruh satker untuk segera memaksimalkan penyerapan anggaran agar tidak terjadi Sisa Lebih Penggunaan Anggaran di akhir tahun anggaran. Masing-masing satker agar memacu realisasi anggaran triwulan pertama dengan optimal.

Realisasi anggaran Kantor Kemenag Kabupaten Solok triwulan pertama sebesar 24,08 persen dan satker yang tertinggi serapan anggarannya adalah MAN 1 Solok.

Rapat Evaluasi PMPZI dan Penyerapan Anggaran ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan integritas ASN Kemenag Kabupaten Solok dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan berintegritas.

Selaku Ketua Tim PMPZI, H. Fuadi mengatakan bahwa PMPZI ini merupakan cerminan upaya yang dilakukan dalam menjalankan fungsi dan kinerja sebagai bagian dari Kementerian Agama.

Terpisah, Kepala Kantor memberikan arahan betapa pentingnya data dukung dikirim sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. bukan hanya itu, H. Zulkifli menegaskan agar saat melakukan survei berikan respon cepat dan yang terbaik.

Kepala Kantor mengimbau agar seluruh satuan kerja bersiap dan menghindari kejadian negatif yang mencoreng kinerja positif pelayanan publik dengan hambatan tersebut, Kepala Kantor meminta setiap satuan kerja untuk memiliki strategi media untuk menangani pemberitaan negatif yang ada, sehingga pemberitaan yang muncul dapat terkontrol. N.DY


Editor: N.DY
Fotografer: N.DY