Resmi dibuka Hari Ini, 30 Orang Guru Madrasah Ikuti Pelatihan Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS di Kantor Kemenag Tanah Datar

Batusangkar (Humas-Info) : Sebanyak 30 orang Guru Madrasah baik Negeri maupun Swasta di Kabupaten Tanah Datar mengikuti Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) di Kantor Kemenag Tanah Datar. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar, H. Amril pada Senin (29/4) sekaligus menjadi Narasumber pada materi di sesi pertama.

Pelatihan yang berfokus pada Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS ( Higher Order Thinking Skills) merupakan upaya dalam mengukur kemampuan siswa melalui soal-soal yang berorientasi pada berpikir kritis tingkat tinggi serta mampu memecahkan masalah yang cukup kompleks. Diharapkan para Guru memiliki kompetensi ini sehingga Madrasah mampu menghasilkan generasi yang unggul terutama di bidang teknologi Informasi di era digital ini.

Dalam materinya, Kepala Kantor Kemenag juga menekankan pentingnya moderasi beragama, yaitu bagaimana memahami dan menjalankan kehidupan beragama secara moderat, tidak secara ekstrim ke kiri maupun ke kanan. Moderasi beragama dan toleransi penting diterapkan sejak dini melalui kegiatan belajar mengajar, sehingga generasi mendatang yang dibentuk oleh Madrasah, selain mampu menjawab perkembangan teknologi dan informasi, juga mampu menjadi masyarakat beragama yang moderat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Balai Diklat Keagamaan Padang dan dilakanakan sampai dengan tanggal 4 Mei 2024. Dalam laporan kegiatan, Ketua Panitia Pelatihan, Gusrafli menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan selama 60 jam pembelajaran dan peserta difasilitasi uang harian dan uang transportasi selama mengikuti pelatihan. Peserta diharapkan mengikuti kegiatan ini dengan baik sampai selesai dan mampu mengimplementasikan ilmu yand didapat di Madrasah tempat mengajar. (Humas Kemenag TD)


Editor: Anggi
Fotografer: Ulfa