Resmikan Masjid Darul Ilmi MAN 3 Kabupaten Solok, Kakanwil: Hidupkan Kegiatan Keagamaan dan Keterampilan Siswa

Padang (Humas)- Kakanwil Kemenag Sumbar H Mahyudin menuturkan kehadiran sebuah Masjid yang sudah representatif, harus dipergunakan dan dimanfaatkan untuk sarana meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. 

“Manfaatkan masjid ini untuk kegiatan yang mendorong pengembangan kompetensi guru dan siswa madrasah. Baik itu dalam bidang keagamaan maupun kegiatan positif lainnya,” Pesannya saat meresmikan Masjid Darul Ilmi MAN 3 Kabupaten Solok, Jum’at (20/09/24) petang. 

Mahyudin melihat selain sebagai sarana membangun karakter siswa dan guru yang berakhlakul karimah,masjid juga berfungsi untuk melakukan pembinaan kegiatan yang mendukung peningkatan kompetensi di berbagai bidang. Baik bidang keagamaan atau bidang keterampilan positif lainnya.

“Sungguh luar biasa di hari Jumat berkah ini bisa hadir bersama majelis guru dan siswa madrasah dalam peresmian masjid Darul Ilmi yang bermula dari sebuah musala. Untuk itu terimakasih sinergi dan kolaborasi yang sudah terbangun ini. Semoga terus berlanjut untuk kemajuan MAN 3 Solok yang lebih baik dimasa mendatang,” jelasnya.

Sebelumnya, salah seorang tokoh masyarakat Mahyunar menyampaikan dalam sambutannya, kesyukuran tak terhingga atas berdirinya Masjid Darul Ilmi MAN 3 Solok. Selama hal itu untuk mendukung kemajuan pendidikan, pihaknya berkomitmen untuk memajukan madrasah. 

Ia menuturkan bahwa lokasi madrasah ini semula adalah hutan, dan saat ini sudah kian berkembang menjadi wadah belajar bagi siswa madrasah. 

“Kami sangat mengapresiasi kemajuan dan kreatifitas bidang agama di MAN 3 Solok. Mulai dari muadzin, iman dan khatibnya adalah siswa madrasah. Semoga madrasah  ini semakin maju, diatas lahan 2,5 hektar yang sudah disertifikatkan untuk menjadi milik Kemenag.” Tutupnya.

Menyikapi hal itu Kamad Yulfentri menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Kakanwil dan rombongan. 

“Mudah mudahan bapak senantiasa sehat, sehingga bisa mendukung kemajuan madrasah kami ini,” tuturnya pada acara yang turut dihadiri Kabid Penmad H Hendri Pani Dias dan Kakankemenag Kabupaten Solok H Zulkifli ini.

Setelah tiga tahun lamanya bersama Komite dan masyarakat, pihaknya mengaku bersepakat untuk menggelar syukuran, ketika pembangunan masjid sudah selesai dan bagus.

“Alhamdulillah bapak Kakanwil didampingi Kabid Penmad, serta Kakankemenag Kabupaten Solok langsung hadir disini untuk meresmikan masjid ini.” Ungkapnya.

Ia mengungkapkan untuk tahun ini, tujuh orang alumni MAN 3 Solok sudah bisa diterjunkan menjadi khatib ditengah masyarakat. Hal itu dinilai Yulfentri berkat bimbingan para majelis guru dan kegigihan siswa dan siswi untuk memajukan MAN 3 Solok ini. 

Peresmian masjid Darul Ilmi ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kakanwil Mahyudin, disaksikan Kabid Penmad H Hendri Pani Dias dan Kakankemenag Kabupaten Solok H Zulkifli serta para tamu undangan yang hadir.

Hadir anggota DPRD Solok, Ketua DWP Kankemenag Kab Solok Ny Yessi Wahyuni Zulkifli, jajaran Kepala KUA, Kepala Madrasah MAN 3 Solok Yulfentri, Kepala Madrasah Kabupaten Solok, Kapolsek Lembah Gumanti, Forkopimcam, Tokoh masyarakat, majelis guru serta siswa siswi madrasah.(vera)


Editor: vethriarahmi
Fotografer: VR