Resmikan Penggunaan Masjid, Gedung Ali Bin Abi Thalib  dan Kantin MAN I Plus Keterampilan Solok, Kakanwil: Simbol Kerjasama, Kolaborasi dan Inovasi 

Padang (Humas)- Peresmian ketiga gedung masjid, gedung asrama dan kantin madrasah merupakan simbol kebersamaan, kerjasama, harmonisasi, inovasi, kolaborasi dan komitmen kuat keluarga besar MAN I Solok Plus Keterampilan dalam meningkatkan kualitas dan mutu madrasah ditengah masyarakat.

Demikian penuturan Kakanwil H Mahyudin  saat kegiatan Silaturrahmi jelang Peresmian Penggunaan Mesjid Jabal Nur, Gedung Ali Bin Abi Thalib dan Kantin Syukran Katsira di MAN I Kabupaten Solok, Rabu (24/04).

“Sekali lagi terimakasih kami ucapkan atas sumbangan dan kontribusi luarbiasa untuk pembangunan masjid, gedung dan kantin ini hingga sudah bisa digunakan sekarang dan kedepan. Semoga hal ini bisa ditularkan dan ditiru madrasah lain di Sumbar," pintanya.

Kepala Kantor Wilayah Provinsi Sumbar Mahyudin mengatakan bahwa masjid Jabal Nur, gedung Ali Bin Abi Thalib dan Kantin Syukran Katsira ini dibangun untuk menunjang kesuksesan peserta didik. 

Maka kami selaku Kakanwil Kemenag Sumbar mengapresiasi langkah ini yang dikomandoi Kepala MAN 1 Solok Plus Keterampilan, Wakil Kepala dan seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. 

"Untuk itu  harus menunjukkan rasa syukur atas nikmat itu dengan memaksimalkan fungsi ketiga bangunan yang akan diresmikan penggunaannya  tersebut. 

Untuk itu MAN 1 Solok  harus terus melakukan inovasi, memperkuat kerjasama yang sudah ada, membangun jejaring kolaborasi yang lebih luas lagi sehingga madrasah tidak tertinggal dengan lembaga pendidikan lain. 

Ia mencontohkan komitmen serius sejumlah madrasah yang pernah dikunjunginnya di Sumatera  Barat. Dengan menjalin kerjasama, inovasi, tidak sedikit pihak komite madrasah  yang memiliki ide cerdas dan cemerlang serta banyak perubahan yang dilakukan di madrasah yang tersebar di Sumbar. 

“Ada beberapa madrasah yang sudah saya kunjungi itu perlu diapresiasi strategi dan langkahnya dalam menunjang sarana pembelajaran. Ketika APBN menggelontorkan 3 ruang belajar, maka komite madrasahnya juga berkomitmen untuk membangun 3 ruang belajar yang sama,” terang Mahyudin.

Terlebih lagi, alokasi anggaran yang diturunkan dari Kemenag belum mampu sepenuhnya mengakomodir kebutuhan sarpras madrasah.

Untuk itu Kakanwil memberikan apresiasi luarbiasa atas kerjasama dan kolaborasi semua pihak yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran dan biaya untuk kemajuan madrasah.

“Kedepan perlu kerjasama dan sinergitas antara pihak madrasah dan komite madrasah. Ini sangat luarbiasa, karena sudah dibangun kerjasama yang baik. Hal serupa harus ditularkan kepada madrasah yang lain yang ada di Kabupaten Solok.” Tambahnya.

Kakanwil berharap  Kepala Madrasah termasuk satker lainnya seperti KUA, mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sehingga bisa dirasakan keberadaan Kemenag ditengah masyarakat.

“Selamat atas pemakaian Masjid, gedung Ali Bin Abi Thalib dan kantin. Semoga semakin meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat.”tukas Kakanwil.

Sementara itu sebelumnya Kepala MAN I Plus Keterampilan menyebut  pembangunan tersebut dimulai sejak November 2021. Ia berharap dengan kedatangan Kakanwil Kemenag Sumbar kedepan bisa selesai secara maksimal tahun ini dilengkapi sarpras yang memadai.

Syukrizal menjelaskan pembangunan tersebut bersumber dari sumbangan komite masyarakat, infaq shadaqah keluarga besar MAN I Solok Plus Keterampilan. 

“Dari pembangunan yang sudah dilakukan atas tiga gedung tersebut, bisa dimaksimalkan sarprasnya. Yang masih dibutuhkan di antaranya Ruang kelas,  Labor, asrama laki laki dan Labor komputer, “katanya.

Usai seremoni, didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H Mahyudin meresmikan penggunaan Masjid Jabal Nur, Gedung Ali Bin Abi Thalib serta Kantin Syukran Katsira MAN I Solok Plus Keterampilan.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, yang disaksikan  Ketua DWP Kemenag Sumbar  Ny Rosnimar Mahyudin, Ketua DWP Kankemenag Kab Solok Ny Yessi Zulkifli, Kepala MAN I Solok Plus Keterampilan, Kaur TU H Fuadi Nawawi. berserta jajaran pengurus Kepala MAN I Plus Keterampilan Syukrizal, Kepala Sub Bagian , jajaran Guru dan pegawai TU MAN I Plus Keterampilan dan tamu lainnya.(vera)


Editor: vethria rahmi
Fotografer: VR