Ribuan Jemaah Ikuti Solat Ied Bersama Bupati Solok di Islamic Center

Humas - Ribuan jemaah memadati Masjid Agung Darussalam Islamic Center Koto Baru mengikuti solat Ied Idul Firi 1445 H, Rabu (10/4).
Selain di masjid lantai dua, ruang pertemuan Islamic Center di lantai satu juga dipenuhi jemaah hingga pelataran yang biasanya digunakan sebagai tempat parkir.

Bertindak sebagai Khatib Dr. H. Muhammad Husni, LC, MA dengan imam Ulil Amri, S.Pd. Jemaah selain masyarakat di kecematan Kubung, Gunung Talang dan Bukit Sundi juga para perantau yang tengah mudik.

Sekretaris PHBI Kabupaten Solok sekaligus Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan Idul Fitri 1445 H hari ini menyikapi Keputusan Menteri Agama nomor 380 tahun 2024 tentang penetapan 1 Syawal.

"Mari jadikan Idul Fitri ajang meningkatkan kualitas diri dengan menyempurnakan ibadah selama Ramadan dengan solat Ied dan Zakat Fitrah serta mempererat silagturrahmi dengan saling memaafkan," sebut Kakan Kemenag

Bupati Solok, H. Epyardi Asda yang memberikan sambutan sbelum dimulainya solat ied ini mengucapkan selamat Idul Fitri 1445 H, minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan bathin sekaligus selamat datang pada para perantau di Kabupaten Solok Ranah Lima Danau.

Bupati berharap, momentum pulang kampung ini menjadi ajang perekat silaturrahmi dan ukhuwah islamiyah bagi perantau dengan pemerinah daerah serta masyarakat dalam upaya meningkatkan perekonomian.

"Perantau bisa mengajak masyarakat di tempat domisili untuuk berkunjung ke Kabupaten Solok yang tengah giatnya membangun pertanian dan pariwisata sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligsu mambangkik  batang tarandam," tutup Bupati

Dr. H. MuhammaD Husni Lc. MA dala khutbahnya mengajak jemaah yang melaksanakan solat Ied ini bukan seremonial semata akan tetapi adalah ibadah penutup dari rangkaian ibadah selama Ramadan yang sebelumnya diawali dengan menunaikan zakat fitrah.

Khatib juga berpesan, keutamaan pulang kampung dan berkumpul di hari lebaran adalah untuk mempererat silaturrahmi dan yang paling utama adalah memuliakan orang tua dengan mengunjunginya dihari lebaran untuk mengharap ridha dan maaf dari orang tua. Fendi
 


Editor: Fendi
Fotografer: Fendi