Sekjen Kemenag Minta MCH Perbanyak Informasi tentang "Rukhsah" untuk Jamaah

Jakarta, Humas--Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI, M. Ali Ramdhani mengatakan, keberhasilan Kemenag dalam penyelenggaraan ibadah haji 2024, terletak pada pengelolaan haji yang baik.

Hal itu diutarakannya saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Edukasi Media Center Haji (MCH), di Jakarta Pusat, Kamis (25/5/2024).

Dikatakan Ramdhani, peran utama media dalam penyelenggaraan haji sebagai sarana pendidikan dan penyuluhan bagi jemaah.

"Hal ini mencakup persiapan, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media," ujarnya.

Oleh karena itu dia meminta, Media Center Haji (MCH) 2024, memberikan informasi yang baik ke masyarakat di Tanah Air saat bertugas di Arab Saudi.

Menurutnya, perlu kesamaan frekuensi agar menenangkan masyarakat di Indonesia dengan pemberitaan-pemberitaan selama di Tanah Suci.

“Saat ini ekslasi di Timur Tengah yang tidak baik-baik saja, mungkin diikuti dengan was-was oleh keluarganya,”katanya mengingatkan.

Dia berharap, Media CenterHajidapat memberikan edukasi keagamaan ke masyarakat yang berada Tanah Air.

“Perbanyak informasi tentang keringanan (rukhsah) untuk jamaah haji. Jangan banyak dipersoalkan urusan-urusan furuiyah. Tagline kita adalah melayani dengan cinta dan riang gembira,” tuturnya.

Kemenag kata dia juga berkomitmen dalam keterbukaan informasi saat penyelenggaran ibadah haji 2024.

“Objektif dalam menulis berita, tapi jangan menulis dengan angel-angel yang tidak baik,” tutup Ali Ramdhani.


Editor: Rina
Fotografer: MCH2024