Sepuluh Penyiar Terpilih sebagai Pemenang MMA Wilayah I Sumatera

Padang, Humas--Pembinaan  Kompetensi Penyiar Agama Islam (PKPAI) wilayah 1 Sumatera yang digelar di Padang telah melahirkan 10 Moderat Milenial Agent (MMA). Sebanyak 150 penyiar televisi, radio dan penyuluh Agama Islam hadir sebagai peserta.

Kegiatan ini digelar Bimas Islam Kemenag RI melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Digelar secara hybrid meeting, PKPAI  berlangsung sejak tanggal 17 hingga 19 Juli 2024.

Direktur Penerangan Agama Islam, Ahmad Zayadi didampingi Kasubdit Seni Budaya dan Siaran Keagamaan Islam Kemenag RI, Wida Sukmawati, dan Kepla Bidang Penais Zawa, Yufrizal menutup kegiatan ini secara resmi.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar diwakili Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf (Penaiszawa), Yufrizal mengatakan kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam syiar agama Islam.

"Kita melihat bahwa penyiar yang adadi media baik di televisi, radio maupun influencer until menyampaikan pesan dan melakukan komunikais yang interaktif kepada masyarakat," ungkap Yufrizal, Kamis, (18/7/2024) malam.

Untuk itu kata Kabid, perlu dilakukan beberapa peningkatan diantaranya peningkatan kualitas komunikasi. Ini sangat penting. "Ketika kita menyampaikan informasi kepada masyaka mereka ingin nyaman dengan teknik dan cara kita menyampaikan informasi," jelas Kabid.

Yang kedua, meningkatkan pengetahuan. Karena tidak semua kita yang memiliki background dan ilmu pengetahuan berstudi agama. Maka saat kita menyampaikan pesan kepada masyarakat perlu dasar pengetahuan keagamaan.

Kemudian yang ketiga kata Yufrizal meningkatkan kretifitas di tengah-tengah masyarakat, agar yang disampaikan tidak monoton. Pembaruan bahasa, budaya dan kebiasan setempat perlu difahami untuk mencapai sasaran informasi.

Terakhir ia mengucapkan selamat kepada peserta yang terpilih sebagai MMA. Harapannya semoga peserta yang menjadi agen Kemenag bisa menyampaikan pesan-pesan keagamaan kepada masyarakat.

"Outputnya tentu perubahan. Banyak kegiatan tapi tidak ada output itu bukan tujuan dari program-program yang telah dilahirkan oleh Kementerian Agama. Semoga kegiatan ini akan memberikan dampak yang positif bagi kehidupan beragama di masyarakat," pungkasnya.

Berikut Daftar Milenial Moderat Agent (MMA) yang terpilih dalam PKPAI:

1. Oktafril Febriansyah, Penyiar Padang TV
2. Rani Zuwe, Penyiar RRI Padang
3. Shelly Aulia Ramadhanti Penyiar TV Sumatra Selatan
4. Eka Apriyani, Influencer Sumatera Selatan
5. Juli Julaiha Pulungan, Penyiar TVRI Sumatera Utara
6. Dian Indah Multazam, Penyiar Radio Sumatera Utara
7. Agus Pranoto, Penyuluh Agama Islam Riau
8. ⁠Sukemi, Penyiar Radio Riau
9. ⁠Rahmat Ikhsan, Penyiar RRI Batam Kepri
10. ⁠Ahmad Rivai Kasim, Influencer Kepri. Rinarisna


Editor: Risna
Fotografer: Rina