Setalah Pembukaan, Rakerwil DWP Kemenag Sumbar diisi materi dan Sosialiasi Program

Bukittinggi, Humas -- Mengusung tema "Optimalisasi Potensi dan Peran DWP Kemenag Provinsi Sumatera Barat  Dalam Mencapai Kinerja Yang Berkualitas", Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat gelar rapat kerja wilayah bertempat di Batusangkar Room B1 Rocky Hotel Bukittinggi pada Rabu sampai Jumat (6-8/03/2024).
Tema rakerwil dipilih dengan harapan agar dapat menjadi ruh, jiwa, dan semangat yang dapat mendorong dan memotivasi organisasi menjadi lebih baik lagi dan berkualitas. Rakerwil  ini diikuti oleh 37 orang peserta dan panitia yang merupakan ketua dan sekretaris DWP Kementerian Agama Kabupaten dan Kota se-Sumatera Barat.

Pada hari pertama rakerwil, Rabu (06/02/2024) di isi dengan pembukaan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Povinsi Sumatera Barat H Mahyudin, Sosialisasi Program serta Materi. Materi pertama  dihantarkan oleh Indria Flowerina seorang senior public Speaking di Sumatera Barat dan menyampaikan materi sesuai bidang keahliannya tentang Public Speaking. Setelah acara pembukaan kegiatan di isi satu sesi pada malam tersebut dengan Sosialisasi Program.

Dalam penyampaian materi Ria begitu sapaan akrab narsum menjelaskan semua penting terkait public spaking. Public speaking adalah seni menggabungkan semua ilmu dan kemampuan yang kita miliki. 
Selanjutnya Indria mejelaskan tips agar percaya diri berbicara di depan publik diantaranya, lakukan riset, latihan dan visualisasikan penampilan terakhir. 
Indria juga memaparkan tentang instrumen berbicara yakni, pertama motor, yang berfungsi sebagai pemompa udara untuk menyaring udara. Terdiri dari paru-paru dan pipa pembuluh bronkial. Kedua Vibrator, udara yang telah disaring dalam paru-paru akan dialirkan oleh pipa udara (trachea) ke pangkal tenggorokan (larynx). Disinilah letak unit vibrasi. Ketiga resonator merupakan rongga-rongga udara yang ada dibagian kepala dan tenggorokan kita. Berfungsi memperjelas suara. Resonator dapat membuat variasi suara kita berubah-ubah, merdu, lembut, keras, kasar. Dan yang terakhir artikulator/modifikator terdiri dari lidah, bibir, gigi, rahang muka dan langit-langit mulut adalah instrumen tubuh yang mampu mengartikulasikan suara. 

Terakhir Indria memaparkan Tips Public Speaking yang mejabarkan tentang etika dan teknik public Speaking. Dia akhir sesi begitu banyak peserta yang mengajukan pertanyaan dengan antusias agar menggali lebih dalam kepada narasumber.

Pada sesi Sosialisasi program kerja  dilakukan secara panel dengan menghadirkan 3 orang narasumber yakni Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar, Ny Rosnimar Mahyudin, Ketua DWP Kemenag Kota Payakumbuh Ny. Yenti Joben serta Ketua DWP Kemenag Kota Padang. 
Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar memaparkan Program Kerja untuk tingkat provinsi, begitu juga untuk Kota Padang dan Kota Payakumbuh juga memaparkan program kerja mereka di tahun 2024 dan review pogram kerja tahun 2023. 


Kegiatan hari pertama diakhiri dengan sesi foto bersama para narasumber, yang merupakan moment yang ditunggu-tunggu peserta. ( Mira)


Editor: YMA
Fotografer: YMA