Siap Menuju Revitalisassi,KUA Kec.Payakumbuh Barat Terima Tim Monitoring Dan Pembinaan Dari Kanwil

Payakumbuh,Humas--Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh menerima kunjungan dari Bidang Urusan Agama Islam (Urais) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat,Kamis (22/2/2024)

Dipimpin Kepala Bidang (Kabid ) Urais H. Edison,maksud dari kunjungan ini adalah dalam rangka monitoring dan pembinaan terkait kpercepatan pelaksanaan program revitalisasi pada KUA Kecamatan Payakumbuh Barat sebagai salah satu KUA Revitalisasi Tahun 2024 di Sumatera Barat.

Kedatangan Kabid Urais diterima langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H. Joben bersama  padaKasi Bimas Islam H. Hamdan,Kapala KUA Kecamatan Payakumbuh Barat Asrul serta seuruh Kepala KUA  se Kota Payakumbuh.

Sebagai  KUA Revitalisasi,KUA Kecamatan Payakumbuh Barat harus mempersiapkan segala sesuatunya terkait pada pelayanan yang diberikan kepada masyarakat,mulai dari pelayanan pernikahan,Kemasjidan,Zakat dan Wakaf serta bimbingan penerangan Islam,ucap Edison.

Dijelsakannya,prinsip utama dalam revitalisasi adalah layanan.Setiap pelayanan yang kita berikan harus jelas standar layanannya,harus jelas SOPnya sehingga masyarakat merasa puas dengan apa yang kita berikan.Sebagai contoh apabila masyarakat kehilangan buku nikah atau rusak buku nikahnya maka untuk mendapatkan duplikatnya masyarakat harus mengetahui apa persyaratan yang dibutuhkan,berapa lama waktu yang dibutuhkan itu semua dijelaskan dalam SOP,ulasnya.

Terkait masalah SOP, ini harus giat kita sosialisasikan baik kepada masyarakat maupun kepada lintas sektor yang ada seperti Kelurahan dan Kecamatan. SOP harus diketahui publik.Apabila masyarakat yang berurusan telah memenuhi SOP yang ada maka tugas kita adalah memberikan standar pelayanan.

Ditambahkannya selain masalah layanan,target utama revitalisasi ini adalah menyangkut digitalisasi,peningkatan sumber daya manusia serta penguatan dan integrasi data,sambungnya.

Sebelum mengakhiri, Edison  berpesan kepada seluruh pegawai yang ada pada KUA Kecamatan Payakumbuh Barat termasuk Penyuluh Agama Islam untuk saling bekerja sama ,berkolaborasi dalam memberikan pelayanan tenbaik kepada masyarakat.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H. Joben menyampaikan bahwa Program Revitalisasi KUA merupakan salah satu program prioritas Kementerian Agama yang harus kita sukseskan bersama.

"KUA merupakan garda terdepan dalam membeikan pelayanan keagamaan kepada masyarakat.sekaitan dengan ini revitalisasi KUA tidak hanya menyangkut tentang sarana dan prasarana yang ada tetapi yang lebih prinsip adalah mengutamakan pelayanan  kepada masyarakat,ungkap Joben.

Diakhir sambutannya H. Joben mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan pembinaan yang diberikan Kabid Urais terhadap KUA Kecamatan Payakumbuh Barat semoga apa yang disampaikan bisa menambah semangat dan kekuatan menuju KUA Revitalisasi ,pungkas Kakankemenag. (Algeri)

 

Share to


Editor: -
Fotografer: Busra Algeri