SIPKA, Kemenag Kota Bukittinggi Perhari Ini Menjadi Pertama Submit Laporan

Bukittinggi, Humas--Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi Subbmit Laporan Capaian Kinerja Triwulan IV Tahun 2023 dengan nilai 94,33 realisasi anggaran 95,62 pada Sistem Informasi Performa Kementerian Agama (SIPKA) ke Menteri Agama Republik Indonesia, Jum'at 12 Januari 2023 diruangan Kerja Kepala Kantor.

Submit tersebut, disaksikan langsung oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Hj. Tri Andriani Djusair beserta segenap unsur Kepala Seksi diantaranya, Kasi Pendidikan Agama Islam, H. Zulfikar, Kasi Pendidikan Agama Islam, H. Tamrin,  Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hj. Misra Elfi, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Hilaluddin, Penyelenggara Zakat dan Wakaf, H. Amar Albar Antoni, Pengelola Keuangan, Imerzoni, Fauzi, Amrullah dan Rohis Qaulis, Perencana dan Azril, Pelaksana penangungjawab laporan SIPKA, Elsi Puspita Dewi di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi.

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi mengatakan Laporan Kinerja ini dibuat untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi mempunyai komitmen dan tekad yang kuat untuk melaksanakan kinerja organisasi yang berorientasi pada hasil, baik berupa output 
maupun outcome. Penyusunan LKj Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi juga dimaksudkan sebagai pengejawantahan prinsip transparansi dan akuntabilitas yang merupakan pilar penting pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik.

"Mudah-mudahan, penyajian Laporan Kinerja Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi tahun ini menjadi cermin bagi kita semua untuk mengevaluasi kinerja 
organisasi agar dapat melaksanakan kinerja pada tahun  berikutnya secara lebih produktif, efektif dan efisien, baik dari aspek perencanaan, pengorganisasian, manajemen  keuangan maupun koordinasi pelaksanaannya. Alhamdulillah Laporan Capaian Kinerja Triwulan IV dan Tahunan tahun anggaran 2023 di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi dapat kita Subbmit. Hal ini tak terlepas dari kerjasama dan kolaborasi kita semua," tuturnya.

Selanjutnya jelas H. Eri Iswandi. "Laporan kinerja ini memuat matrik capaian output kinerja selama triwulan IV dengan Hasil Capaian Kinerja 94 33%,  beserta capaian serapan anggaran dengan Capaian Realisasi Anggaran 95,62%. pada Indikator Target, Indikator Realisasi, serta Indikator Capaian,  yang sesuai dengan yang telah ditetapkan Renstra dan target yang tertuang dalam Perjanjian Kinerja di awal tahun, ditetapkan Sasaran dan Indikator Kinerja serta Target Renstra, rencana tingkat capaiannya dan telah diketahui besarnya tingkat capaian kerjanya," jelasnya.

Sementara itu Kasubbag Tata Usaha, Hj. Tri Andriani Djusair disisi lain mengatakan. "Subbmit laporan kinerja merupakan salah satu barometer ukuran setiap satuan kerja, dalam disiplin kinerja dan ketepatan waktu pada tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, maka tujuan organisasi dapat terwujud tepat waktu dan tepat sasaran. Laporan triwulan ini bertujuan untuk melihat keberhasilan tercapainya output program, sebagai sarana evaluasi program atau kegiatan, melihat serapan anggaran dibandingkan dengan tercapainya output (kegiatan) dan untuk melihat serta menemukan berbagai kendala, solusi permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan anggaran," tuturnya.

Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi hingga saat ini 12 Januari 2024 menjadi yang pertama Kemenag Kabupaten/Kota Se-Sumatera Barat dalam melaporkan capaian kinerja Tri Wulan IV dan tahunan. (Syafrial)


Editor: -
Fotografer: -