Siswa Baru Madrasah Dibekali Pengetahuan Moderasi Beragama, Karakter Bangsa, dan Literasi Digital

Koto Baru, SuhaNews – Para siswa baru MTsN 2 Solok mengikuti Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) Selasa (16/7) dengan materi pembekalan yang komprehensif. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa baru dalam menjalani kehidupan di madrasah dan membekali mereka dengan berbagai pengetahuan penting.

Salah satu materi utama dalam Matsama adalah Moderasi Beragama. Materi ini disampaikan oleh Wakil Kepala Madrasah untuk menanamkan nilai-nilai toleransi dan saling menghormati antarumat beragama. Hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam mewujudkan kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

Selain itu, Matsama juga diisi dengan materi Pendidikan Karakter yang bertujuan untuk membangun karakter bangsa yang kuat dan berakhlak mulia. Materi ini meliputi nilai-nilai seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama.

Di era digital ini, madrasah juga tidak ketinggalan dalam membekali siswanya dengan pengetahuan tentang Budaya Madrasah, Ramah Teknologi, Pencegahan Narkoba, Bullying dan pelecehan Seksual serta Penggunaan Media Sosial. Materi-materi ini disampaikan oleh para guru madrasah yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Melalui Matsama ini, diharapkan para siswa baru dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan madrasah dan siap untuk mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat. Madrasah berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas tidak hanya dalam bidang akademik, tetapi juga dalam bidang karakter dan moral. Rahmat | Fendi 


Editor: Fendi