Siswa MAN 1 Kota Bukittinggi, Harapan 3 KSM Tingkat Provinsi.

Bukittinggi, MAN 1 Kota Bukittinggi -– Siswa MAN 1 Bukittinggi berhasil raih juara harapan 3 bidang Kimia dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Tahun 2023. Pengumuman ini disampaikan melalui akun madrasah masing-masing, Rabu (09/08/2023).

Ahmad Syukri sebagai sebagai koordinator Sain MAN 1 Kota Bukittinggi mengungkapkan, ada delapan orang siswa MAN 1 Kota Bukittinggi yang mengikuti KSM di tingkat provinsi. Delapan siswa KSM Tingkat Propinsi dari MAN 1 Kota Bukittinggi tersebut adalah Harsa Habiby mata pelajaran Fisika Terintegrasi, Adam Faiz Ramadhan mata pelajaran Fisika Terintegrasi, Nadya Putri mata pelajaran Matematika terintegrasi, Muhammad Derry mata pelajaran Kimia Terintegrasi, Muhammad Revi mata pelajaran Biologi Terintegrasi, Hadi mata pelajaran Geografi Terintegrasi, Ridho Alfarisi mata pelajaran Ekonomi Terintegrasi dan M. Aflah Bahrie mata pelajaran Ekonomi Terintegrasi. 

Selanjutnya delapan duta KSM dari MAN 1 Kota Bukittinggi ini bersaing dengan siswa MA/SMA se Propinsi Sumatera dengan delegasi masing-masing lima siswa dari setiap bidang lomba yang mewakili kota/kabupaten. Adapun penyelenggaraan KSM tingkat provinsi dilaksanakan pada Sabtu (05/08/2023).

Ahmad Syukri selaku Koordinator KSM MAN 1 Kota Bukittinggi melakukan persiapan dan pembimbingan terus menerus sebelum pelaksanaan lomba, supaya mendapatkan hasil memuaskan. Karena ajang Kompetisi Sains Madrasah ini tidak hanya menyajikan kompetisi dari segi kelimuan yang sesuai bidangnya yakni Geografi, Ekonomi, Fisika, Kimia, Biologi dan Matematika saja tetapi juga mengintegrasikan dengan ilmu keagamaan. Sehingga selain siswa harus menguasai ilmu sains, mereka juga harus siap menghadapi soal-soal keagamaan yang diintegrasikan dengan ilmu sains tersebut.

Pembina KSM mapel Kimia, MAN 1 Kota Bukitinggi, Mufti, S.Pd. dan Reni Novita, S.Pd. , cukup bersyukur dengan capaian ini, walaupun kita belum berhasil meraih tiga besar namun merupakan hasil yang luar biasa mengingat saingan KSM tahun ini, tidak saja berasal dari madrasah tapi juga dari Sekolah Umum. Siswa yang berhasil menyabet juara harapan 3 dalam bidang Kimia adalah Muhammad Derri kelas XII IPA 3. 

Sebelumnya Derri juga berhasil lolos ke tingkat provinsi dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023 bidang Kimia yang diadakan Pusat Prestasi Nasional oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi MAN 1 Kota Bukittinggi dan semoga bisa lebih meningkat lagi ditahun selanjutnya, jangan kecewa kalau belum semua yang bisa meriah juara, tadi kita  patus bersyukur dengan capaian ini, “ ungkap Irsyad, kepala MAN 1 Kota Bukittinggi. (Thalita/Syafrial)


Editor: -
Fotografer: -