Sosialisasi SNPDB, Kakanwil Apresiasi Kepala Madrasah, Siswanya Terbanyak Lulus di Madrasah Unggulan Kementerian Agama

Padang, Humas – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Mahyudin didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Hendri Pani Dias beri pembinaan dan arahan pada acara Sosialisasi Pelaksanaan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia Padang Pariaman dan MAN Program Keagamaan Koto Baru TP 2024/2025, Rabu 17/01/24 di Aula Amal Bakti.

Hadir Ketua Tim di lingkungan Bidang Pendidikan Madrasah, Kepala MAN IC Padang Pariaman, Kepala MAN PK Kota Baru, Kepala MTs Negeri dan Swasta serta Pimpinan Pendidikan Diniyah Formal dan Pendidikan Muadalah se-Sumatera Barat.

Kakanwil dalam arahannya menyampaikan, ada tiga Madrasah Unggulan di Kementerian Agama yakni MAN Insan Cendekia berbasis asrama bertujuan  mewujudkan SDM berkualitas tinggi di  bidang IMTAK dan IPTEK, MAN-PK unggul di bidang keagamaan juga berbasis asrama, kemudian MAKN pendidikan kejuruan dengan kekhasan agama Islam.

“keunggulan tiga madrasah ini, sudah sampai kepada masyarakat umum, sehingga setiap tahun peserta didik yang mendaftar di tiga madrasah ini sering tidak tertampung, dan menjadi madrasah favorit, sehingga sosialisasi harini bukan memperkenalkan keunggulannya, namun bagaimana Kepala bisa menginisiasi dan mensupport peserta didik agar memilih Madrasah unggulan yang ada di Sumatera Barat untuk melanjutkan pendidikannya” tutur H.Mahyudin.

Hal senada juga dilaporkan Kabid Penmad H. Hendri Pani Dias, bahwa menjadi tujuan sosialisasi ini agar masing-masing peserta didik MTs yang ada di Sumatera Barat memiliki peluang yang besar untuk diterima di MAN IC Padang Pariaman dan MAN-PK Padang Panjang, “sebab kalau informasi secara umum dua madrasah ini sangat seksi di Sumatera Barat, tahun lalu pendaftar MAN IC Padang Pariaman 2973 orang, diterima 120 orang, dan MAN-PK pendaftar 879 orang yang diterima 48 orang” ujar H.Hendri.

Sebagai bentuk apresiasi bagi Madrasah, peserta didiknya terbanya lulus di MAN IC Padang Pariaman dan MAN-PK Padang Panjang, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H.Mahyudin di damping Kabid Penmad, Kepala MAN IC Padang Pariaman dan Kepala MAN-PK Padang Panjang menyerahkan penghargaan pada Madrasah 3 lulus terbanyak di MAN IC Padang Pariaman dan MAN-PK Padang Pajang.

Penghargaan diterima Kepala MTsN Padang Panjang, SMP Putra Perguruan Islam Ar-Risalah dan SMP Putri Perguruan Islam, MTsN Kota Padang Panjang, MTsN 1 Bukittinggi dan Kepala MTsS Mualimin Muhammadiyah Pakan Sinayan, “semoga tahun 2024/2025 akan meningkat signifikan dengan diadakannya sosialisasi SNPDB hari ini” harap Kakanwil. (egn)


Editor: -
Fotografer: -