Sujud Syukur Jamaah, Warnai Kedatanngan Kloter 9 Padang

Padang, Humas-- Ditengah terik matahari siang Rabu 03/07/2024 pada pukul 11.33 WIB telah mendarat dengan selamat di Bandara International Minangkabau (BIM) pesawat Garuda Boeing 777 Seri 300 ER dengan nomor penerbangan GA3409 yang membawa jamaah haji Kloter 9 Padang. Pesawat tersebut bertolak dari Bandara International King Abdul Aziz Jeddah pada hari Selasa pukul 22.55 WAS  dengan jumlah jamaah 388 orang dan  5 orang PPIH Kloter. 

Secara umum kondisi jamaah saat turun pesawat dalam keadaan baik, namun ada 3 orang jamaah yang harus dibawa dengan mobil ambulance karena dalam kondisi kurang sehat. Jamaah Kloter 9 Padang berasal dari Kab. Pesisir Selatan 138 orang, Kab. Dharmasraya 248 orang dan Kota Padang 1 orang dengan Ketua Kloter H. Yossef Yuda dan Pembimbing Ibadah H Santoso, Dokter Abdurrahman Afa Haridhi,Paramedis : Sovia Eliza dan Yuhelmi Zainuddin Taharuddin serta Pemandu Haji Daerah (PHD) Dedi Afdal.

Menurut pantauan humas, walaupun ditengah terik mentari siang yang sangat menyengat, tapi jamaah tetap bersykur, terlihat dari beberapa jamaah yang sangat bahagia dan tersenyum saat turun tangga pesawat dan tak urung ada juga beberapa orang jamaah yang langsung sujud syukur saat meninjakkan kaki di BIM Padang Pariaman. 

Menurut Laporan PPIH Debarkasi Padang, Jemaah Haji Lansia pada Kloter 9 (sembilan) berjumlah 117 orang;, 1 orang Jamaah Haji PDG-9 wafat di Madinah atas nama Retnoyarni 
Syafei Adam, umur 61 tahun, asal Kab. Pesisir Selatan dimakamkan di Baqi. Jemaah Haji PDG-9 Mutasi Masuk : 1 orang, atas nama Mansyar Jaman bin Jaman, umur 82 tahun, asal Kota Padang kloter asal PDG-13, karena sakit. Jemaah Haji PDG-9 Mutasi Keluar : 1 orang, karena meninggal.

Setelah progres imigrasi selesa, 10 buah  bus DAMRI yang berisi jamaah haji meninggalkan BIM. Iring-iringan rombongan jamaah Kloter 9 Padang sampai di Asrama Haji Debarkasi Padang disambut PPIH dan P3IH dengan lantunan shalawat  dan seluruh jemaah langsung memasuki aula utama untuk prosesi serah terima. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat  H.Mahyudin  selaku Ketua PPIH Debarkasi  didampingi Sekretaris PPIH H.Ramza Husmen menerima jema'ah, ditandai penyerahan Bendera dan Mikropon dari Ketua Kloter 9 H. Yossef Yuda dan Pembimbing Ibadah H. Santoso, Rabu 03/07/2024 di Aula Utama Asrama Haji Padang. 

Ketua PPIH menyerahkan jemaah pada pemerintah daerah yang diterima oleh Bupati Kabupaten Dharmasraya yang diwakili Sekda H.Adlisman didampingi Kakankemenag Dharmasraya dan Pesisir Selatan.Selanjutnya panitia memberikan kalungan Bungan dan  menyerahkan sertifikat penghargaan pada petugas kloter 9 yang telah melaksanakan tugas dengan sukses, melayani jemaah dari Tanah Air, selama proses ibadah di tanah suci dan kembali dengan selamat sampai ke tanah air.

Terlihat hadir dan turut melayani jamaah haji yang baru datang, Ketua Dharma Wanita Kanwil Kemenag Sumbar, Hj. Yosnimar Mahyudin selaku Koordinator Bidang Konsumsi PPPIH Debarkasi Padang

Selanjutnya Jemaah dipandu panitia memasuki BUS yang akan mengantar jemaah ke daerah masing-masing. Hingga berita ini diturunkan sesuai dengan informasi yang diterima dari Sistem  Komputerisasi dan Informasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama RI dan dari Ketua Kloter, jumlah Jemaah Haji Embarkasi Padang yang meninggal di Tanah Suci sebanyak 10 orang.(YMA)


Editor: Mira
Fotografer: Mira