Sukses Pelaksanaan UKKJ di Kementerian Agama Kabupaten 50 Kota

Limapuluh Kota, Humas - Serentak dilaksanakan di seluruh Kementerian Agama se-Indonesia, hari ini, Senin (26/8), dilaksanakan Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Guru. Di Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota, kegiatan dipusatkan di Aula Serbaguna kantor setempat. Dari pemantauan hari pertama, kegiatan UKKJ berjalan sukses dan lancar.

Hadir meninjau pelaksanaan UKKJ, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, diwakili Ketua Tim Monev, Syahrizal, bersama Yelsusi Citra, Analis Kepegawaian, Rismawati, Analis Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, dan Ahyan Hijri, Pengembang Teknologi Pembelajaran. Hadir mendampingi Tim Monev, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota, H. Irwan, dan Kasi Pendidikan Madrasah, H. Rizki Eka Putra.

Ada 39 tenaga pendidik yang mengikuti UKKJ di Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota, terbagi kepada dua sesi, hari ini dan besok. Hari ini ada 10 tenaga pendidik yang terdiri dari 7 tenaga pendidik madrasah dan 3 tenaga pendidik PAI. Sementara besok, UKKJ diikuti oleh 29 tenaga pendidik, terdiri dari 26 tenaga pendidik madrasah, dan 3 tenaga pendidik PAI.

Ditemui usai meninjau pelaksanaan ujian, Kepala Kantor, H. Irwan mengatakan, Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang Jabatan Fungsional Guru merupakan proses pengukuran dan penilaian kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural dari seorang Jabatan Fungsional Guru. Ujian ini berguna untuk menentukan kelayakan yang bersangkutan naik ke jenjang satu tingkat lebih tinggi.

Lebih lanjut Kepala Kantor mengurai, tujuan UKKJ ini adalah untuk mengukur dan menilai kompetensi manajerial, teknis, dan sosial kultural yang dimiliki oleh Jabatan Fungsional Guru. Dan bukan hanya guru, Pengawas Sekolah/Madrasah juga bisa mengikuti ujian ini. Hal ini akan menentukan kelayakan seorang guru untuk naik ke jenjang satu tingkat lebih tinggi.

“UKKJ ini juga bertujuan untuk pengembangan karir pemangku Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah/Madrasah dalam melaksanakan tugas dan fungsi jabatan yang berpusat pada peserta didik,” lanjut Kepala Kantor.

Terakhir Kepala kantor berharap, semoga pelaksanaan UKKJ hari ke dua besok berjalan sukses dan lancar dan seluruh peserta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.(Nina)

 


Editor: Nina
Fotografer: Nina