Sukseskan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2023, Kepala Kantor Ajak Terapkan Strategi Metakognitif

Padang, Humas -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Edy Oktafiandi didampingi Tim Munitoring Evaluasi (Munev) , Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tingkat MTs Negeri / Swasta Se-Kota  Padang pada Rabu 20 September 2023.

Pada hari Ketiga ini,  Kepala Kantor dan Tim diantaranya, Roza Eka Putry dan Zarisman Tanjuang, dan Sabrussalam , Monitoring di Dua Madrasah yaitu, Satu Madrasah Tsanawiyah Swasta  (MTsS), Aisyiyah di Jalan Ujung Belakang Olo No.17 Padang Barat Kota Padang.

Dua Madrasah Tsanawiyah Swasta ( MTsS) Al- Falah Jalan Mekah No.17 Kelurahan Koto Panjang  Ikua Koto Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, dimana sebelumnya Ke MTsN 6, MTsN 1, MTsN 2, MTsN 5 Kota Padang.

Adapun Siswa ANBK, dari MTsS Aisyiyah yang mengikuti sebanyak 33 peserta yang dibagi Tiga Sesi diantaranya, Sesi satu dimulai pukul 7.30 sampai dengan 9.40, Sesi dua 10.40 sampai dengan 12.50, dan sesi tiga 14.20 sampai dengan 16.30 Wib masing-masing sesi terdiri dari 11 Peserta.

Sementara itu, di ANBK di MTsS Al-falah sebanyak  45 Peserta terdiri dari Tiga sesi yaitu, sesi satu dimulai pukul pada 7.30 sampai dengan 9.40, Sesi dua 10.40 sampai dengan 12.50, dan sesi tiga 14.20 sampai dengan 16.30 Wib masing-masing sesi terdiri dari 15 Peserta.

Ketua Tim Monitoring yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor, H. Edy mengintruksikan Kepada pimpinan Madrasah agar menerpkan Startegi metakognitif Kepada Peserta didik, dimana Strategi ini dapat diartikan sebagai kesadaran berpikir, berpikir tentang apa yang dipikirkan.

Dan bagaimana proses berpikirnya, yaitu aktivitas individu untuk memikirkan kembali apa yang telah terpikir serta berpikir dampak dari buah pikir terdahulu. 

Pemantauan secara metakognitif dan regulasi diri sangat membantu anak dalam aktivitas kognitif. Sebagai contoh, ketika anak sedang membaca dan tak memahami sebuah kata, maka ia akan berhenti dan melakukan beberapa kemungkinan.

Dalam konteks ini, siswa sedang mengalami proses untuk mengambil inisiatif dalam menilai pemahaman mereka terhadap topik materi yang akan diujikan.

Mereka berinisiatif untuk menyiapkan diri dalam upaya merealisasikan pencapaian target yang telah mereka ikrarkan.

Dalam kaitan itu, ada tiga strategi metakognitif yang dapat dikembangkan untuk meraih kesuksesan belajar siswa, termasuk kesuksesan ANBK.

Pertama, tahap proses sadar belajar, yaitu proses untuk menetapkan tujuan belajar, mempertimbangkan sumber belajar yang akan dan dapat diakses Kedua, tahap merencanakan belajar, meliputi  proses memperkirakan  waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas belajar, merencanakan waktu belajar dalam bentuk jadwal serta menentukan skala prioritas dalam belajar.

Mengorganisasikan materi pelajaran, mengambil  langkah-langkah yang sesuai untuk belajar dengan menggunakan berbagai strategi belajar (outlining, mind mapping, speed reading, dan strategi belajar lainnya).

Ketiga, tahap monitoring dan refleksi belajar,  meliputi proses merefleksikan proses belajar, memantau proses belajar melalui pertanyaan dan tes diri (self testing).

Strategi metakognitif menyampaikan satu pesan khusus bagi siapa pun yang ingin menjalani hidup secara efektif. Artinya, sukses dan gagalnya seorang siswa mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di waktu yang akan datang.

“Sangat tergantung pada strategi yang tepat dari seorang  guru dalam mengajarkan anak didiknya tentang hakikat belajar itu sendiri,” jelas Edy

Diakhir penjelasannya, Kepala Kantor menyebutkan dalam memahami hakikat belajar tersebut, sebenarnya yang perlu ditanamkan kepada siswa kita agar menjadi seorang pembelajar mandiri dan pemecah masalah yang handal dalam kehidupan, ungakap Kepala Kantor menyudahi.

HarisTJ


Editor: -
Fotografer: -