Target 95 Persen, Irjen: Layanan Petugas Penentu Indeks Kepuasan Jemaah

Jakarta, Humas--Kementerian Agama (Kemenag) targetkan layanan indeks kepuasan jemaah haji tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, setidaknya diangka 95 persen.

Hal ini diungkapkan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag RI, Faisal Ali Hasyim dihadapan 1.200 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Minggu (24/3/24) malam.

Faisal berharap dengan kuota terbesar sepanjang sejarah haji Indonesia yakni 241.000 orang, indeks kepuasan jemaah haji 2024 meningkat dibandingkan dengan tahun lalu.

"Setidak - tidaknya naik dari tahun lalu. Jadi, kita berharap dan mudah-mudahan di atas 95 persen," harap Irjen.

Diingatkannya, indek kepuasan jemaah itu ditentukan oleh layanan petugas haji yang ditempatkan di daker dan dibagi ke sektor-sektor maupun perugas kloter.

"Layanan petugas menjadi penentu Indeks kepuasan jemaah haji. Makanya saya inginkan job description petugas itu jelas. Saya minta kedisiplinan petugas dalam menjalankan tugas terutama terhadap jemaah lansia, maksimal," tegasnya.

Faisal berharap seluruh petugas haji bisa memberikan pelayanan yang terbaik buat jamaah di masing - masing layanan. 

Menurut Irjen, ketua sektor paling bertanggung jawab terhadap kinerja petugas. Mereka langsung harus memastikan semua pekerjaan dan pelayanan berjalan dengan baik.

Selain itu, pihaknya juga akan memantau langsung kinerja petugas selama melayani jemaah haji di Arab Saudi.

"Kita akan keliling gitu. Makanya ketua sektor itu sangat berperan untuk memastikan kinerja petugas berjalan seperti yang diharapkan," kata Faisal.

Faisal juga mengingatkan tim Media Center Haji (MCH) bisa menangkal pemberitaan hoaks yang kerap terjadi selama penyelenggaraan ibadah haji.

"Saya berharap teman-teman media menjadi filter pertama berita-berita hoaks itu. Media harus antisipasi, melawan dengan berita yang seharusnya seperti apa gitu," pungkasnya. Rinarisna


Editor: Risna
Fotografer: MCH2024