Tasyakuran, Bupati Solok Apresiasi Penyelenggaran Ibadah Haji Tahun 2024

Koto Baru, Humas – 160 Jemaah Haji Kabupaten Solok tahun 1445 H/2024 M dijamu oleh Bupati Solok diwakili Kabag Kesra, Mardaus, S.Ag, M.AP serta Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Hj. Emiko Epyardi Asda, dijamuan ini sekaligus penyembutan secara resmi dan bentuk rasa syukur perjalanan Ibadah haji para jemaah Kabupaten Solok. Sabtu (03/08).

Acara tasyakuran tersebut berlangsung di Balairung Rumah Dinas Bupati Solok. Juga hadir pada acara tersebut Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Ormas Islam serta jamaah haji Kabupaten Solok tahun 1445 H/ 2024 M.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-08-04 at 12.02.11.jpeg

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok diwakili Kepala Seksi PHU, Sesmadewita, S.Sos.I, MAP menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pengaplikasian salah satu nilai budaya kerja Kementerian Agama RI, yakni inovasi.

Kementerian Agama sendiri mempunyai 5 nilai budaya kerja, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan.

"Sebagai wujud melaksanakan 5 nilai budaya kerja yang dicanangkan Menteri Agama tersebut, Kemenag Kabupaten Solok melaksanakan kegiatan ini yang merupakan bentuk ungkapan rasa syukur atas suksesnya penyelenggaraan haji tahun 2024," ujar Kasi PHU.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-08-04 at 12.02.13.jpeg

Lebih lanjut, Sesmadewita menerangkan jemaah haji Kabupaten Solok yang berangkat ke tanah suci ada sebanyak 160 orang. Lalu kembali ke Ranah Minang pun lengkap 160 orang dalam keadaan sehat dan selamat.

“Alhamdulillah para jemaah haji kita telah kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat wal’afiat dan selamat. Mudah-mudahan hajinya mabrur dan mabruroh sampai akhir hayat dan menjadi panutan dimasyarakat,” harapnya.

Terpisah dihubungi Kepala Kantor Kemenag yang sedang sakit, H. Zulkifli, S.Ag, MM mengatakan meminta kepada Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah agar dapat mengajak dan mengarahkan ikatan persaudaraan haji Kabupaten Solok menjadi lembaga ajang silaturrahmi jemaah haji.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-08-04 at 12.02.12 (1).jpeg

Hal tersebut juga dalam upaya untuk melestarikan kemabruran ibadah haji dengan kegiatan bernuansa keagamaan dan sosial kemasyarakatan.

"Kita bersyukur semua rangkaian haji kita telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Solok melalui Kabag Kesra, Mardaus menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam kelancaran ibadah haji jemaah Kabupaten Solok tahun ini.

Mulai dari Kepala Kanwil Kemenag serta Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok dan jajarannya serta Pemkab Solok terkait yang telah bekerja keras dan mendidikasikan dirinya untuk melayani jemaah haji Kabupaten Solok baik saat pemberangkatan dan pemulangan.

“Terima kasih atas kerja keras dan dedikasinya semoga dibalas Allah SWT dengan pahala yang berlipat ganda. Kepada jemaah haji kami do’akan semoga menjadi haji yang mabrur,” singkatnya.

Adapun penyampaian tausiah pada kegiatan tasyakuran ini yang disampikan oleh Buya Drs. H. Syahrul Wirda, MM. N.DY


Editor: Nofri Hendri
Fotografer: Nofri Hendri