Tegas Soal Disiplin, Kakankemenag Tanah Datar Sidak ke KUA Lima KAUM

Batusangkar - Humas Info : Kepala Kantor Kementerian Agama (KakanKemenag) Kabupaten Tanah Datar H. Amril didampingi Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Kasi Bimas Islam) H. M. Algafari melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lima Kaum, Selasa pagi (24/9). Pada kesempatan tersebut Kakankemenag memantau kedisiplinan pegawai KUA Lima Kaum serta memberikan pembinaan terkait kinerja dan layanan pada KUA tersebut.

"Sengaja sidak dan tidak terjadwal untuk memastikan kedisiplinan serta layanan kepada masyarakat berjalan lancar," ujar H. M. Algafari memberi pengantar pembinaan di ruang Kepala KUA. Sementara Plt. Kepala KUA Lima Kaum Benni Syam menyambut senang kehadiran Kakankemenag dan Kasi Bimas Islam atas kunjungan kerja. Ia menyampaikan seluruh pegawai KUA Lima Kaum hadir pada pertemuan tersebut baik JFT, JFU maupun honorer.

Mengawali pembinaan, Kakankemenag menyampaikan bahwa kunjungan kerja ini selain silaturahmi, juga memonitoring kedisiplinan kerja pegawai KUA dan memastikan layanan yang baik kepada masyarakat. Pada arahannya, H. Amril juga menginginkan peningkatan kualitas layanan. "Sesuai moto melayani dengan prima, maka buat masyarakat merasa aman, nyaman, senang dan puas terhadap layanan keagamaan di KUA serta tidak ada komplain," tegas H. Amril. Ia juga menekankan untuk menjalankan tugas sesuai SOP, serta buat inovasi peningkatan layanan seperti waktu penyelesaian layanan yang lebih singkat serta jangan membuat masyarakat menunggu lama tanpa kepastian ketika mengakses layanan KUA.

Tegas soal disiplin, Kakankemenag mengingatkan bahwa kedisiplinan jam kerja merupakan bagian dari kinerja pegawai. Ia juga menjelaskan ASN Kemenag wajib melek digitalisasi, terutama laporan kinerja yang menggunakan SILATAR, aplikasi berbasis website untuk layanan dan administrasi ASN di lingkungan Kemenag Tanah Datar. "Aktivitas dan kinerja baik ASN dan KUA dilaporkan melalui SILATAR sehingga kinerjanya dapat selalu dimonitoring," tambah H. Amril.

Kakankemenag juga mengajak pegawai KUA Lima Kaum untuk senantiasa meningkatkan kapasitas diri dan kompetensi. "Cintai dan tekuni bidang pekerjaan kita masing-masing. Tampilkan sikap ramah kepada masyarakat, jangan lupa senyum sapa salam," ujar H. Amril. 

Menutup arahan, H. Amril mengingatkan pentingnya netralitas ASN pada periode Pilkada saat ini. Ia menekankan pegawai di lingkungan Kemenag agar hati-hati dan menjaga ucapan, foto dan aktivitas terutama di media sosial yang sensitif terhadap netralitas ASN.

Meskipun saat ini Kepala KUA Lima Kaum belum ada yang definitif, diharapkan pegawai KUA tetap semangat dalam bekerja sebagaimana biasanya. H. Amril berpesan untuk selalu menjaga kekompakkan, kebersamaan dan kekeluargaan di lingkungan KUA ini. (AP/UH)


Editor: Anggi
Fotografer: Anggi