Tim Asesor BAN-SM Sumbar Lakukan Visitasi Di MAN 1 Agam

Maninjau Humas_ Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah (BAN – SM) Provinsi Sumatera Barat laksanakan Visitasi Akreditasi di MAN 1 Agam, Senin (18/09/2023).

Visitasi Akreditasi dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 18 s.d 19 September 2023. Kegiatan pada hari pertama berupa kegiatan Pembukaan temu awal Visitasi Akreditasi, penyampaian Profil Madrasah, Observasi sarana dan prasarana Madrasah, Wawancara Kepala Madrasah, Wakil Kepala,Tokoh Masyarakt, Komite dan Majlis guru..

Pembukaan Visitasi tidak hanya dihadiri oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan MAN 1 Agam,  Turut hadir pada pembukaan Visitasi, Kepala Kantor Kementerian Agama kab. Agam, diwakili oleh Kasi Penmad, Pengawas MA dan lintas sektor dari Polsek Tanjung raya, Camat, Wali Nagari Maninjau dan undangan lainya.  

Kedatangan Tim Asesor disambut dengan tari galombang, tari piring, Pencak silat serta Tambua tansa, sebagai penghormatan terhadap Asesor.


Saat menyampaikan sambutanya Azizul Hayati selaku Kamad MAN 1 Agam berharap  hasil visitasi tahun ini MAN 1 Agam mendapatkan nilai yang terbaik.
“ Kita dari pihak MAN 1 Agam berharap semoga ditahun ini hasil Visitasi Madrasah kita mendapatkan nilai yang terbaik, seluruh tim telah berusaha secara maksimal untuk mempersiapkan seluruh dokumen yang di butuhkan sesuai dengan instrumenya” Ucap Azizul.
Harapan yang sama juga disampaikan oleh Edi Zalman Kasi Penmad Kakan Kemenag Kab. Agam. Sebagaimana dimaklumi untuk saat ini MAN 1 Agam sudah terakredetasi “A”. 


Utuk tahun ini ada empat komponen yang menjadi tolok ukur penialian, diantaranya Komponen Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran, Mutu Guru dan Komponen Manajemen sekolah. Hal ini membuat visitasi berbeda dari tahun sebelumnya. 


Tim Asesor yang terdiri dari dua orang yaitu Nofriandi dan Suryadi Fajri disamping melakukan penggalian data dan wawancara juga melakukan pengamatan lansung terhadap dua orang guru dalam memberikan pelajaran didalam kelas. Guru yang diamati untuk kurikulum merdeka dari mata pelajaran B. Arab Dr. M. Rahyan. MA. sementara kurikulum Kurtilas mata pelajaran Matematika Ahmad Fuad. S.Pd.


Untuk kegiatan visitasi tahun ini cukup melelahkan seluruh tim, Disamping mengajar sesuai dengan jadwal pelajaran juga harus mempersiapkan seluruh dokumen akredetasi. Namun semuanya sudah dapat di lakukan dan disempurnakan sesuai dengan tuntutan kebutuhan akredetasi.


M.Syukur selaku Ketua Tim saat dikonfirmasi mengatakan
“Alhamdulillah berkat kerja sama kita semua,  seluruh pekerjaan ini sudah dapat kita rampungkan, terima kasih kepada seluruh tim yang telah mendermakan tenaga, waktu dan pikiranya demi masa depan Madrasah ini, semoga seluruh ikhtiar  ini akan menjadikan madrasah kita lebih baik kedepanya.”Katanya..(hasnan)


Editor: -
Fotografer: -