Tim Humas Kanwil Kemenag Sumbar Lakukan Pembinaan Waka Humas Madrasah Negeri Se-Kabupaten Tanah Datar

Batusangkar-Humas Info : Sebanyak 24 Wakil Kepala Madrasah Negeri Bidang Kehumasan (Waka Humas) se-Kabupaten Tanah Datar mengikuti pembinaan tugas dan fungsi kehumasan oleh Tim Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Barat yang bertempat di ruang pertemuan MAN 2 Tanah Datar, Jum'at (20/9). Hadir sebagai Narasumber pada pembinaan tersebut Mofri Antoni, H. Jhon Of Riezal One dan Eri Gusnedi selaku Pranata Humas di Kanwil Kemenag Sumatera Barat.

Pembinaan ini merupakan momen sharing dan menyamakan visi misi kehumasan di Madrasah Negeri yang dilaksanakan oleh Waka Humas. Acara dipandu oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar Bahrul Fahmi. Ia juga menyampaikan bahwa pembinaan ini sebagai upaya menambah pengetahuan dan wawasan Waka Humas sebagai upaya memajukan Madrasah melalui kehumasan.

Mengawali materi, Mofri Antoni menjelaskan pedoman mengenai kehumasan telah diatur di Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 284 tahun 2024 tentang Pedoman Pengeolaan Kehumasan Pada Kementerian Agama. Lebih lanjut Ia menyampaikan pengelolaan kehumasan dilaksanakan dengan prinsip keterbukaan, objektif, professional, akuntabel dan integral. Pada KMA 284/2024 tersebut, pengelolaan kehumasan di Madrasah dilakukan oleh Wakil Kepala yang membidangi kehumasan pada Madrasah Negeri.

Pada sesi kedua H. Jhon Of Riezal One menyampaikan apa-apa saja tugas umum humas, mulai dari publikasi, pengelolaan informasi serta koordinasi dan komunikasi dengan tiap unit di internal maupun pihak eksternal. "Saat ini humas telah bertransformasi hingga melalukan publikasi melalui media sosial. Waka humas selaku tangan kanan Kepala Madrasah wajib memiliki inovasi dan kreativitas sehingga menaikkan citra positif Madrasah di masyarakat," ujarnya.

Sementara di sesi terkahir Eri Gusnedi yang juga praktisi humas banyak menyampaikan pengelolaan publikasi baik di portal/website maupun di media sosial. Dengan latar belakang jurnalistik, Ia memberikan tips publikasi di portal seperti penyertaan foto dan redaksional berita. "Publikasi di media sosial saat ini penting, melalui portal juga penting agar tiap ada berita penting bisa masuk pencarian google," terang Eri. Lebih lanjut Ia juga meminta Waka Humas rajin menulis pemberitaan kegiatan dan capaian kinerja Madrasah serta mengoptimalkan portal/website Madrasah dalam pemberitaan.

Dimintai keterangan melalui telepon, Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar H. Amril yang sedang berada di Padang menyampaikan harapannya terhadap pembinaan ini. Momen ini diharapkan dapat menambah kompetensi dan kinerja Waka Humas sehingga dapat meningkatkan kualitas humas Madrasah, memperkuat citra positif Madrasah dan meningkatkan komunikasi dengan stakeholder. "Kami juga menekankan pentingnya penguatan literasi digital, peningkatan kreativitas serta kolaborasi Waka Humas Madrasah dengan Humas Kantor Kemenag dan Humas Kanwil. Setelah pembinaan ini perlu rencana tindak lanjut yang jelas, kita juga akan lakukan pengembangan dan evaluasi kedepannya," tutup H. Amril. 

Peserta yang hadir pada pembinaan ini yaitu 4 Waka Humas MAN, 17 Waka Humas MTsN dan 3 Koordinator Kehumasan MIN se-Kabupaten Tanah Datar. Turut hadir pada pembinaan tersebut Kepala MAN 2 Tanah Datar Sabrimen dan staf Seksi Penmad Kantor Kemenag Tanah Datar. (AP/UH)


Editor: Anggi
Fotografer: Anggi