Tim Robotick MAN 1 Bukittinggi Raih Enam Gelar di Tingkat Internasional

Malaysia, (SumbarOne)--20 Mei 2024 - Tim Minangkabau Robotik dari MAN 1 Kota Bukittinggi berhasil mencetak prestasi luar biasa di tingkat Internasional dengan meraih enam gelar juara sekaligus pada ajang International Robotic Talent Competition (I-ROTATION) yang diselenggarakan di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Bangi, Selangor Darul Ehsan, Malaysia, dari tanggal 17 hingga 20 Mei 2024.

Dalam kompetisi bergengsi ini, tim MAN 1 Kota Bukittinggi yang telah berdedikasi dalam mempersiapkan diri menuju kompetisi, berhasil memboyong enam penghargaan di berbagai kategori, diantaranya:


1. Juara 1 Innovation Creative Robot atas nama Naila Maulida Arrum dan Faizatun Najwa.

2. Juara 1 Sumo Robot 3 Kg atas nama Nabil Ghatfani dan M. Ghufran Nur Ramadhan.

3. Juara 2 Sumo Robot 3 Kg atas nama Muhammad Variz dan Zahid Khalil Hamama.

4.  Juara 2 Challenge Robot atas nama Muhammad Zakaria dan Muhammad Syauqi.

5. Juara 3 Robomind Line Follower atas nama Silfi Alfa Hidayah dan Najwa Qanitah Hendri.

6. Juara 3 Robomind Maze Solving atas nama Naila Maulida Arrum dan Faizatun Najwa.


Tim Minangkabau Robotik selama proses kompetisi berlangsung selama empat hari di Malaysia didampingi oleh waka kesiswaan, Ernitha Thamrin dan Pembina robotik, Erria Nanda Utama. 

Kepala Madrasah, Zulfadhli Alfa, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pencapaian luar biasa ini.

"Alhamdulillah. Madrasah sangat bangga dengan prestasi Internasional yang diraih oleh tim Minangkabau Robotik MAN 1 Kota Bukittinggi. Ini adalah bukti nyata dari kerja keras, dedikasi, dan semangat juang yang tinggi dari para siswa serta pembimbing mereka. Kami berharap pencapaian ini dapat menjadi inspirasi bagi siswa lainnya untuk terus berinovasi dan berprestasi di berbagai bidang hingga ke tingkat Internasional," ujar Zulfadhli Alfa.

Sementara itu Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Hj. Tri Andriani Djusair menyampaikan apresiasi atas raihan prestasi yang diperoleh oleh tim Robotik MAN 1 Bukittinggi pada ajang International Robotic Talent Competition (I-ROTATION) yang diselenggarakan di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

"Selamat kepada tim Robotik MAN 1 Bukitinggi atas raihan prestasi ini yang diperoleh pada ajang lomba Internasional ini. Kita berharap prestasi demi terus ditingkatkan, baik pada level Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional maupun Internasional, " harapnya.

Selanjutnya Hj. Tri Andriani Djusair juga menyampaikan apresiasi kepada Tim Robotik MIN Bukittinggi yang juga meraih prestasi luar biasa di tingkat Internasional dan memperebutkan Piala Ketua MPR RI 2024. 

Tak lupa, beliau mengucapkan terimakasih kepada para guru, pembimbing, serta kepala madrasah yang telah mendukung para siswa untuk selalu meriah prestasi, menggali potensi diri siswa pada semua bidang akademik non akedemik, sains, seni olah raga dan budaya. "Semua anak punya kelebihan sesuai dengan potensi masing, Jasa bapak/Ibuk Gurulah yang membuat mereka berprestasi," tuturnya.

Kompetisi International RoboticTalent Competition (I-ROTATION) sendiri merupakan ajang internasional yang mempertemukan talenta-talenta muda di bidang robotik dari berbagai negara, dan prestasi yang diraih oleh tim dari MAN 1 Kota Bukittinggi ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia.(Fadhila/Syafrial)


Editor: Syafrial
Fotografer: Syafrial