Tingkatkan Kompetensi Pendidik, MTsS Simpang Tanjung Nan IV Gelar Bimtek IKM

Koto Baru, Humas - MTsS Simpang Tanjung Nan IV Kecamatan Danau Kembar menggelar Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bagi Guru yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 04 s.d. 05 Februari 2024. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM di aula Madrasah setempat. Senin, (05/02).

Hadir sebagai narasumber Zulfadhli, S.Ag, MM, Kepala MTsN 2 Padang tentang Implementasi Kurikulum Merdeka, Ulil Amri, S.Pd.I, MM Pengawas Madrasah tentang Evaluasi Pembelajaran dan H. Zulkifli, S.Ag, MM tentang Moderasi Beragama, turut hadir membersamai jalannya kegiatan Penyuluh Agama Islam pada Kantor KUA Kecamatan Danau Kembar dan Kepala Urusan Tata Usaha Madrasah tersebut. Kegiatan Bimbingan Teknis ini diikuti 14 orang guru.

Dalam Sambutan Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok, H. Zulkifli yang sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa bimtek ini penting untuk dilakukan agar guru dapat memahami dan menerapkan kurikulum merdeka dengan baik.

"Kurikulum merdeka merupakan perubahan yang signifikan dari kurikulum sebelumnya. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mendapatkan pemahaman dan keterampilan yang memadai," kata Kakankemenag.

H. Zulkifli berharap, dengan mengikuti bimtek ini, guru dapat menjadi fasilitator yang baik dalam pembelajaran kurikulum merdeka.

"Guru harus mampu mendorong siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif," tutup H. Zulkifli.

Sebelumnya Kepala Madrasah, Asrul, S.Pd.I, M.Pd.I melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya madrasah meningkatkan kompetensi guru dalam implementasi kurikulum merdeka.

“Tentu tujuannya untuk mengaktualisasikan kompetensi guru, dalam berbagai aspek perubahan dan adaptif. Ending-nya adalah untuk meningkatkan prestasi guru, peserta didik, dan madrasah”, Sebut Asrul dalam laporan kegiatan.

Kepala madrasah berharap narasumber nantinya dapat memberikan materi tentang IKM dan penyusunan bahan ajar modul P5 agar para guru MTsS Simpang Tanjung Nan IV dapat menerapkannya pada pembelajaran dalam satu tahun ke depan.

“Mohon Bapak narasumber berkenan memberikan materi tentang IKM dan penyusunan bahan ajar modul P5 bisa lewat diskusi ataupun tanya jawab. Untuk para guru bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk bisa memahami materi yang disampaikan oleh narasumber nantinya,” harapnya.

Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka adalah kurikulum baru yang dirancang untuk memberikan kebebasan dan keleluasaan kepada guru untuk mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa. N.DY


Editor: N.DY
Fotografer: N.DY