Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Pembelajaran PAI, Kemenag Solok Gelar Pembinaan

Koto Baru, Humas - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok melalui Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) melaksanakan kegiatan pembinaan bagi Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Kabupaten Solok Bertempat di Aula Islamic Center Koto Baru Solok. Rabu (04/09).

Diikuti oleh 264 orang guru PAI dari berbagai sekolah. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli didampingi Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Chairunnas dan pelaksana pada Seksi terkait.

Dalam Sambutannya, H. Zulkifli menekankan pentingnya peran guru PAI dalam membentuk karakter generasi muda yang berakhlak mulia dan berwawasan luas.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-09-05 at 16.04.51 (2).jpeg

"Guru PAI memiliki tanggung jawab besar dalam mendidik dan membimbing siswa. Oleh karena itu, pembinaan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas, kualitas dan kompetensi para guru PAI demi kemajuan pendidikan agama di Kabupaten Solok," terang H. Zulkifli

Selanjutnya Kakankemenag menyampaikan pembinaan guru memerlukan dukungan pelatihan secara terus-menerus agar bisa memperoleh semangat dan energi baru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang bertujuan mencerdaskan anak bangsa dengan menyeimbangkan kemajuan teknologi dengan keimanan dan ketaqwaan yang berkualitas unggul serta Peran guru PAI adalah sebagai pembentuk akhlakul karimah bagi siswa maupun guru lainnya, sehingga perlu ditingkatkan kualitas dan kuantitas guru PAI.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-09-05 at 16.04.50.jpeg

Sebelumnya Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Chairunnas menjelaskan Kegiatan ini juga diisi dengan Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada guru agama dilingkungan Kemenag Kabupaten Solok serta pemaparan materi yang relevan dengan tantangan pendidikan agama Islam di era modern.

"Semoga guru PAI di Kabupaten Solok semakin profesional dan mampu mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam proses pembelajaran di sekolah masing-masing," ucapnya.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-09-05 at 16.04.51.jpeg

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas guru agama islam dan budi pekerti pada sekolah agama maupun umum hingga nantinya menjadi guru yang handal dapat berdaya saing dalam memberikan pendidikan kepada anak didik, mempunyai intaq dan iptek dan berakhlakul karimah.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Solok diwakili Kepala Seksi Paud Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabuapten Solok, Meri Desna, Pengawas Pendidikan Agama Islam Sekolah dan Madrasah se Kabupaten Solok. N.DY


Editor: Nofri Hendri
Fotografer: Nofri Hendri